Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Sabtu, 28 Agustus 2010

8 hari berlalu..

Silvia Rahayu
[caption id="attachment_84" align="alignleft" width="245" caption="metamorfosa Royyan"][/caption]

20 agustus 2010..

Royyan pergi ninggalin bue.. sampai sekarang rasanya masih ga jelas.. Bue tau.. apa yang sudah terjadi ya terjadi dan pasti ada hikmah di balik segalanya.. karena Allah yang maha mengetahui yang terbaik buat setiap hambaNYA..

Semua orang juga bilang dan bue juga tau kalau sekarang Royyan udah bener2 jadi malaikat kecil di sana, karena Royyan masih kecil belum punya dosa .. masih suci dan pasti masuk surga, tapi tetap hati ini terkadang masih sedih rasanya masih pengen nangis klo liat foto2 royyan atau video Royyan.

Cuma 11 bulan 20 hari Royyan sama bue.. dan selama itu pula bue ngerasa bue belum bisa bikin royyan bahagia.. umur 3 bulanan Royyan udah masuk rumah sakit, cuma gara2 batuk Royyan musti nginep di ugd. belum lagi Royyan musti pake mesin buat bernapas. Royyan pernah mengap2 ga bisa napas sampai sampai bapake bilang pernah pasrah kalau misalnya saat itu Royyan di ambil Allah :'(. Bue juga pernah takut klo Royyan pergi .. tapi ternyata Royyan kuat meski butuh waktu lama buat pulih Royyan bisa kembali sehat, masuk npiu, picu, hcu mpe akhirnya masuk kamar perawatan biasa .. mpe akhirnya banyak perawat yang inget ma Royyan ma bue :'(.

Ga lama abis sakit Royyan malah bisa guling2 sendiri tanpa bue ajarin .. bue yakin Royyan kuat. Belum lagi waktu kita ke harapan kita dan ketemu saudara kembar Royyan.. di situ bue liat subhanallah anak bue sehat banget.. udah ototnya g terlalu lemes, badannya pun sehat orang-orang yang liat juga bilang badan normal g kayak yg sakit.

Proses operasi yang ngambil waktu 5 jam ga bikin bue was2.. karena bue yakin royyan pasti bakalan sembuh , sorenya juga royyan udah sadar lagi. meski ngambil waktu sampai lebih 5 hari di ruang ICU karena slam yang banyak mungkin karena efek pneumonia yg Royyan dapet waktu umur 3 bulanan dulu . tapi akhirnya Royyan bisa pindah ke ruang IW. di situ Royyan mulai senyum lagi.. meski senyum Royyan pertama kali Royyan hadiahin buat bapake yang baru pulang kerja *padahal seharian bue yang jagain Royyan :(*.. tapi bue seneng .. di IW pun Royyan lumayan lama hampir 5 hari juga..dan alhamdulillah turun juga ke ruang perawatan.. Royyan makin sering ketawa, mulai cerewet.. bisa prat pret prot lagi mulutnya..

Lagi-lagi masalah paru-paru balik lagi.. bikin Royyan lama di ruang perawatan, nebu .. suction terus di lakuin ke royyan, belum lagi infusan yang g lepas2 buat antibiotik.. :(. tapi royyan masih kuat.

hampir 1 bulan royyan di harapan kita.. begitu pulang ga begitu lama Royyan dah bisa guling2 lagi dan mulai bisa menahan kepala lagi.. Royyan mulai kuat lagi.. bue dan pae selalu berpikir kalau Royyan pintar.. dan royyan memang pintar!!

Tapi ternyata selse operasi jantung bukan berarti Royyan 100% jadi sehat. Hasil operasi setelah di echo ulang di temuin masih ada bolong, dan masih ada klep yg belum bener.. dokter bilang ada kemungkinan buat operasi ulang :'(.. terus terang saat itu bue udah hampir putus asa.. operasi lagi!! udha ga kuat liat Royyan waktu operasi kmrn dan dokter bilang ada kemungkinan buat operasi lagi??!!!.. memang di harkit bue liat ada banyak orang tua super yang anaknya g cuma operasi 1x bahkan ada yang 4 hampir 5 kali!!. tapi apakah bue siap ?? dan apakah bue tega liat Royyan sakit lagi? :(.

Bue coba buat g mikirin itu dulu.. toh kata dokter kita liat dulu perkembangannya. Abis operasi, bue+pae coba buat pengobatan alternatif.. lewat info dari temennya pae .. royyan di pijit. awalnya Royyan jadi enakan tapi g berapa lama Royyan sesak napas :'(. terkadang bue jadi stress sendiri.. melihat ponakan2 bue sehat-sehat.. kenapa anak bue sakit teruus :'(.. maafin bue nak.. padahal Royyan justru yg lebih menderita .. royyan yang ngerasain susahnya napas :'(.

Lagi-lagi Royyan musti nginep di rumah sakit.. kali ini nyampe 2 minggu lebih.. begitu ke rumah sakit royyan masuk ugd dan di suruh rawat inep, saat itu dedenya mas Royyan udah berumur 5 bulan di kandungan bue.. begitu sampe ruang perawatan Royyan kembali di infus, kembali di suntik2 :'(. Pae yang musti kerja di jakarta otomatis bikin bue sendirian jagain Royyan.. meski sebenernya bue g sendirian juga, karena ada nenek dan bibik yang suka nemenin bue.. tapi tetep bue ngerasa sendirian karena bue butuhnya di temenin Pae.. seminggu lebih di ruang kotak itu sempet bikin bue stress.. :(.. lagi-lagi maafin bue sayang :(.. akhirnya bue dan pae keukeuh pengen bawa royyan pulang, setelah di echo ulang Royyan pun bisa pulang, tapi baru pulang sorenya malamnya Royyan kembali sesak dan akhirnya besokannya kita balik lagi ke rumah sakit dan Royyan kembali di rawat.

Kali ini dokter yang megang Royyan di ganti, begitu nyampe ruang perawatan dapet oksigen dan di infus royyan malah jadi tenang dan udah bisa minum lagi hiks.. royyan seneng banget sih rekreasi ke rumah sakit itu kata pae :p. kali itu hampir semingu kita nginep di rs. ada waktu di mana bue bener2 stress mpe sempet marah ma Royyan :(.. maafin ibu sayang, kondisi hamil belum lagi rasa sendirian karena ga ada temen di ajak ngobrol, pae yang sibuk kerja bikin bue egois dan stress sendiri padahal saat itu Royyan yang lagi sakit :(.

Tapi alhamdulillah akhirnya Royyan keluar dari rumah sakit dengan berat badan yang malah bertambah bukan berkurang .. royyan juga udah segeran .. udah bisa ketawa2 bahkan waktu masih di rumah sakit juga.

bue udah seneng karena akhirnya anak bue dan sehat, dan menurut dokter butuh waktu 6 bulan buat adaptasi pasca operasi jantung.. sungguh bue menunggu waktu itu, royyan makin hari makin piter, makin lucu, makin pinter.. mulai dari senang baca, seneng muter sampai akhirnya bisa merayap maju setelah sebelumnya merayap mundur dulu.. terakhir royyan mulai bisa bertahan agak lama kalau di dudukin.

Royyan seneng ngeliatin abang qq, sama kaka alif. Royyan memang belum bisa aktif kayak kaka alif tapi bue yakin suatu saat royyan pasti bisa. Sampai kemaren royyan pergi royyan belum sempet sekolah lagi.. royyan cuma terapi sama ibu, tapi royyan pintar .. cuma beberapa hari belajar merayap royyan langsung bisa, royyan juga terkadang bisa mengeluarkan kata mamam, nenen dan terkadang bapa saat ceerewet.. anak ibu pinter :'(.

Royyan seneng banget maen sama bapak, bahkan terkadang royyan sampai jam 11 belum  tidur demi nunggu bapak, entah emang belum ngantuk entah emang  nunggu pengen maen ma bapak.

Royyan juga kayak yg ngerti waktu ibu ajarin buat elus2 dede di perut.. dengan senyumnya royyan liatin ibu seolah bilang .. royyan mau punya dede ya?..  :'(.

Sayang .. ibu kangen banget sama royyan .. ibu pengen meluk royyan lagi.. ibu pengen minta maaf, karena ibu tau ibu bukan ibu yang baik buat royyan .. terkadang ibu berpikir mungkin itulah sebabnya Allah ambil royyan dari ibu.. Ibu belum bisa sabar dan dewasa.

Ibu masih inget wajah royyan sebelum Royyan pergi, royyan terlihat capek mata royyan nampak kosong dan sedih.. royyan sayang capek yah?? capek dengan semua sakit yang selalu datang...bue juga rasain dada royyan bekas operasi lebih sering bunyi, nenek juga bilang gitu .. mpe ga berani gendong royyan dalam posisi tegak :(. tapi bue g mau mikir aneh2 :'(.. maafin ibu karena ga bisa ngasih yang terbaik buat royyan.. Royyan tau? ada banyak andai yang berseliweran di kepala ibu.. kalau saja ibu lebih cepet bawa royyan ke rumah sakit, kalau aja ibu ga egois dan jagain royyan di rumah sakit.. kalau aja ibu ga berpikir idealis dengan ga mau lagi-lagi ngasih obat2an kimia ke tubuh royyan, kalau aja ibu g egois mikirin diri ibu sendiri yang lagi hamil padahal royyan mungkin memang butuh buat di rawat. kalau aja setelah ketemu dokter yg tidak meyakinkan itu ibu bawa royyan ke tempat lain .. mungkin royyan masih ada bareng ibu :'(.

Tapi bapake bilang ga boleh mikir gitu.. g ada yg tau apa yang bakalan terjadi, kenapa waktu dulu di saat royyan lebih kritis royyan bisa bertahan? dan kenapa sekarang cuma gara2 batuk royyan pergi?

bue tau .. g ada gunanya lagi buat nyesalin semua yang udah terjadi. Pae juga bilang Royyan udah pergi, kita udah usaha semampu kita buat royyan , sekarang waktunya bue buat jaga apa yang tertinggal yaitu pae dan adenya royyan.. bue ga boleh sedih lagi nanti royyan ikut sedih .. dan dede di perutpun ikutan sedih :'(..

Royyan nurrahman.. 3 hari lagi seharusnya royyan ulang tahun, hadiah ulang tahun buat royyan pun udah ada.. stroller duduk dari ummi qq dan mama alif udah di kasih dari seminggu sebelum royyan pergi, kado dari nenek pun udah di kasih di minggu yg sama seolah tau pas waktunya royyan g bisa nerima itu kado-kado. Ayah juga udah beliin baju lebaran dan baju koko buat royyan :'(.

jauh2 hari ibu juga udah bertekad mau ngasih royyan ASI lagi waktu dede udah lahir, ibu malah udah naksir pompa baru buat nyiapin ASI royyan.. tapi ternyata takdir berkata lain :'(

Bue dan Pae masih punya utang sama royyan, dari sejak royyan sakit pengen bawa royyan jalan-jalan ke malang ma padang, tapi sampai royyan pergi belum kesampaian .. maafin kami nak ..

Royyan nurrahman.. ibu tau royyan lebih bahagia sekarang, udah lebih sehat kata bapak royyan udah enak.. emang ga sakit sering di suntik? di suction? iya ya sayang.. sekarang royyan udah enakan g bakalan sakit lagi, waktu meninggal pun royyan wangi meski udah beberapa hari g mandi, royyan meninggal di hari yang baik menurut islam di hari Jum'at.. dan di kuburin saja hujan .. banyak orang yang nganterin Royyan.. padahal waktu lahir hanya Royyan hanya di tungguin pae dan nenek aja sama perawat2. dan bibir royyan sewaktu lahir dan meninggal pun sama dengan rambut yang sama2 dah gondrong :'(. Dan entah apa rahasia Allah .. Royyan tepat 1 tahun di titipkan ke ibu dan bapak.. royyan datang tanggal 10 ramadhan 1430 H  dan meninggal tanggal 10 ramadhan 1431H.. tepat 1 tahun sayang ..

Royyan.. maafin ibu .. ibu banyak kurangnya waktu jagain royyan .. mintakan ampunan untuk ibu sama Allah ya sayang.. royyan mau maafin ibu kan??

ibu sayaaaang sama royyan .. ibu kangen royyan .. ibu kangen liat senyum royyan dan muka2 aneh royyan .. ibu kangen denger celotehan royyan ., doain ibu bisa jadi ibu yang lebih baik buat adek2nya royyan nanti yaa..

Royyan Nurrahman, Oyan, tole, ujang , oy oy.. my beautiful angel .. my lil warrior..  seperempat jiwa ibu .. i love you :'( :x
Maka mahasuci (Allah) yang ditanganNya kekuasaan atas segala sesuatu dan kepadaNYA kamu di kembalikan (Qs Yassin : 83)

Maka nikmat Allah yang manakah yang kau dustakan?

:: orang - orang bilang semoga mendapatkan ganti yang lebih baik.. tapi bunda arka bener.. g ada yang pernah bisa gantiin royyan.. tapi Bue beruntung karena 2 bulan lagi dedenya mas Royyan bakal nemenin bue.. :)

Silvia Rahayu / Tukang Nulisnya

Blogger kambuhan yang menulis di saat kepengen dan ada waktu, masih labil sama konten tapi ttp bertahan sebagai blogger meski tak pernah blogwalking :p.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib