Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Jumat, 24 Oktober 2014

Tips berkendaraan bersama anak

Silvia Rahayu
[caption id="attachment_527" align="alignleft" width="210"]2R Di dalam mobil nungguin Pae Miting[/caption]

Perjalanan paling jauh bareng anak-anak adalah ke Malang, kota tempat di mana Utinya 3R tinggal. Tapi kalau di hitung hitung perjalanan dari Jakarta ke Malangnya sendiri hanya 1 jam 10 menit saja, yang panjang justru dari rumah menuju bandara yang seperti biasa musti menembus kemacetan kota Jakarta.

Sekalinya super perjalanan jauh ke Malang menggunakan mobil tapi itu waktu rafiq masih berumur 3 bulan dan waktu 9 bulan, perjalananan menghabiskan waktu selama hampir 24 jam. yang berikutnya mungkin perjalanan Jakarta-malang menggunakan kereta Api, tapi itu pun di lakukan pada malam hari saat Rafiq mayoritas kegiatannya di KA adalah tidur :D.

Sejak masih bayi, perjalanan bareng anak-anak dengan mobil sangat sering sekali, ga jarang ada acara  mejeng lama di dalam mobil dalam rangka menunggu pae yang sedang "Tugas Negara", Kegiatan  yang biasa saya dan anak anak lakukan di dalam mobil ketika dalam perjalanan atau menunggu di dalam mobil untuk waktu yang lama adalah

1. Makan

Mulai dari makan cemilan sampai makanan berat, karena tak jarang memang sengaja bekal nasi jadi kita ga perlu berhenti  untuk sekedar makan. Kalaupun dari rumah ga bekal, biasanya kami berhenti hanya untuk sekedar membeli makanan lalu melanjutkan perjalanan sambil si buenya ini nyuapin anak-anak plus bapaknya :).

Untuk cemilan, memang super wajib mengingat Raihan hobi ngemil, jadi dipastikan setiap akan pergi yang musti di bawa adalah air minum berbotol2, cemilan cemilan mulai yang sehat dan agak berat sampai yang ringan, yang penting cemilan cemilan yang memang kesukaan anak-anak, karena cemilan bisa mengurangi tantrum anak ;).

2. Main

Yang pasti harus di lakukan ya ini, karena namanya juga anak-anak pasti bawaannya pengen maen jadi pasti kegiatan dalam mobil ya maen, atau yang lainnya ya tidur :D.

Nah untuk kegiatan ini beberapa yang biasanya saya bawa sebagai senjata yang bisa bikin mereka anteng di mobil adalah : maenan favorit mereka (binatang2an, mobil2an), flash card, klo untuk bayi ga lupa bawa maenan yang brisik, buku bantal, dll. jadi setiap pergi terutama pergi jauh akan selalu ada tas tambahan yang isinya ya supply maenan anak selama perjalanan, biasanya agak banyak karena anak2 gampang bosen, jadi maenan cukup di keluarkan sedikit sedikit dan gantian, Kalau udah bosen semua dan mulai ada yang tantrum baru deh di keluarin gadget hihi.

usahakan saat membawa maian klo anaknya udah bisa milih biarkan meraka nyiapin maenannya sendiri, dan setelah itu barulah di tambahkan dengan maenan lain yang kira kira menurut ibunya bisa bikin anak betah diem.

3. Nyanyi

Ini mungkin udah jadi kegiatan wajib semua ibu-ibu yang bawa anak di mobil yah, mulai dari anak masih bayi hehe yang pasti biar bayinya cuma ngeliatin ya tetep si ibu kebagian jadi penyanyi solo, klo udah gedean mulai deh nyanyi duet. mulai dari lagu anak anak atau anaknya di suruh liatin dan dengerin ibunya konser :D.

4. Maen tebak warna

ini salah satu game yang saya lakukan terakhir waktu nunggu pae beli laptop, lumayan nunggu agak lama dan nemu yupi warna warni, gamenya saya keluarkan isi yupi satu satu lalu 2R saya suruh tebak warna, yang bener nebak dapet 1 yupi, kalo salah ibunya bagian makan yupi hehe mayan seru, anak anak excited maennya, kasih long pause tiap nebak dan sambil maen maen waktu menunggu jadi g boring dan bising sama tantrum.

5. Liat mobil, dan alam sekitar

ketika anak udah mulai boring sama maenannya, kegiatan lain adalah kembali tebak warna mobil, nunjukin itu loh mobil sedan , itu loh mobil keren, itu loh yang namanya sawah, itu loh ada sapi lagi makan rumput di pinggi jalan, etc etc yang bikin mereka ngeliat ke jalan dan tetep ngekeupan gadget sebagai opsi terakhir saat perjalanan.

6. Ngobrol ngalor ngidul

ini baru bisa di lakukan sama mas Rafiq, karena udah mulai doyan cerita dan rajin bertanya anaknya, mulai dari ngobrol kegiatan sekolah sampai ngobrol yang lain. Kalau nemu anak jalanan bisa di jadikan kesempatan untuk bikin anak belajar bersyukur karena udah di kasih nikmat yang lebih baik, heuheu kesempetan ngasih insight positif untuk anak saat melihat alam sekitar.

7. baca buku, ngerjain buku aktivitas atau bawa busy book

sejak Rafiq bayi sudah di biasakan bawain buku, sebentar sebentar bacain bukunya, sudah agak gede cukup bawa buku lalu kasihkan buat dia baca (liat gambar) sendiri, sekarang bawain buku aktivitas atau busy book yang isinya bisa bikin Rafiq anteng ngerjain soal atau sekedar corat coret ga jelas. klo untuk raihan yang 2 tahun masih harus di ceritain atau cuma di liat liat doang, biasanya g tahan lama.

8. Foto foto alias selfie

hahaha klo ini mah kegiatan iseng buenya ngajakin bocah bocah buat selfie :D, buat seru2an  hehe.

 

hmm.,. kira kiraitu kegiatan yang biasa saya kerjain bareng anak-anak ketika dalam perjalan, oh iya klo plus bayi kegiatan bisa bertambah jadi bersihin pup, pis dalam perjalanan juga hihi, aapapun di lakukan biar ga sering berhenti dan cepat sampai tujuan :D.

Important things to bring untuk yang punya balita yang udah ga pake diaper usahakan sedia botol aqua kosong, plastik yang g bolong atau diaper just in case si anak kebelet pipis di perjalanan :D. obat obatan terutama minyak kayu putih atau a*tangin anak biar g masuk angin juga salah satu yang wajib untuk di bawa. hmm.. perlengkapan perang dalam perjalanan sepertinya akan di beberkan dalam postingan yang berbeda ;).

Silvia Rahayu / Tukang Nulisnya

Blogger kambuhan yang menulis di saat kepengen dan ada waktu, masih labil sama konten tapi ttp bertahan sebagai blogger meski tak pernah blogwalking :p.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib