Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Selasa, 04 November 2014

Makna Hidup (Ibu Rumah Tangga)

Silvia Rahayu
Asli terharu waktu baca ini, ooh ternyata bukan aku sendirian yang ngerasa kayak gini :'(. Jadinya pengen copas buat bisa di baca2 lagi ntar saat saya lupa akan makna saya menjalani semuanya, dan apa yang sebenernya saya cari selama ini.

Tulisan diambil dari grup FOCER di tulis oleh mbak Innu Virgiani


Makna Hidup (Ibu Rumah Tangga)







Bismillaah

Setelahmenyimak pengalaman Bunda semua sebagai ibu rumah tangga yang teryatajuga cukup banyak diisi dengan warna-warna kelabu, saya tergelitiktentang 1 hal...

yaitu tentang 'apa yang membuat Bundabersedia menjalani peran sebagai Ibu Rumah Tangga' apa MAKNAdi balik itu?
Saat ini, sayaingin mengajak Bunda semua untuk berpikir kembali, bahwa peran sebagai Ibu Rumah Tangga yang saat ini diemban, merupakan'jalan' yang Allah berikan untuk kita, untuk memenuhi tujuan asalpenciptaan kita, yaitu beribadah kepada Allah. Wallohu a'lam.

Mengapa untukberibadah kepada Allah?

Saya 'ustadzah' kah?bukan..

Apa hubungannyadengan psikologi?

Mari, kita pelajaritentang Makna Hidup.

Ya,

kali ini, saya akanmengenalkan tentang konsep Pemaknaan Hidup.

Pemaknaan hidup. Ya,itu.

Konsep yangseharusnya telah dimiliki oleh semua manusia dan mengarahkannya dalammenjalankan kehidupan.

Menjadi motivasiyang mendorong kita dalam menjalani keseharian. Tiap jam, tiap menit,tiap detik. Bila kita menyadarinya.

-----------------------------------------------------------------------------

Bunda,

Kalau Bunda laginungguin kereta di stasiun, trus dapat pengumuman ada keterlambatankereta.. pengumuman pengumuman.. kereta sekarang masih ada di stasiuncikini...

Bunda lagi distasiun Depok Lama, mau ke Bogor...

Teman-temanmerhatiin ngga, ada penumpang yang teriak huuuu.. marah-marah.. adayang lempar-lempar bekas minuman dll..

ada yang langsungninggalin stasiun, mikir nyari kendaraan lain.. kalo ngga ada, mahal,atau repot ya balik lagi =D

ada yang nyaritukang tahu sama koran, jajan sambil nunggu makan aja dan baca..

ada yangsenyum-senyum trus main hp atau baca buku..

ada juga yang kesel2langsung update status 'BT menunggu' dll dll..

buat yang ngga tau:stasiun cikini ke depok lama, 13 stasiun, sekitar 55-65 menit..depok ke bogor berapa ya.. saya kok lupa =D yah kira-kira 40-55 menit

(ceritanya KRLekonomi ini.. kagak ada ac-ac/commuter line an.. )

Nah, tyata, memangrespon orang beda-beda ya..

Apa yang membuatberbeda?

EQ kah? sip, bisajadi..

Perbedaan kemampuanatau kebiasaan dalam berpikir positif kah? yup, ngga salah juga..

Perbedaan kemampuancoping stres kah? iya ya, bisa

Ada yang sabar adayang ngga sabar? iya, bener ya.

Ada yang buru-buruada yang ngga? hmm, yang buru-buru juga banyak kok yang 'nyantai'

Perbedaan maknahidup kah? hwaa, dalem banget kayaknya.. tapi iya.. ini yang maudibahas.. =))

Kok cuma makna hidupyang dibahas?

coping stres, sabar,kan udah.. berpikir positif? Iya, insya Allah ntar.. EQ? yang ini mahkagak, baca2 aja sendiri kalo mau tau =D

Bunda,

Manusia pada umumnya mendambakan kehidupan yang bermakna. Makna hidup ini dapat menjadimotivasi manusia untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.Hanya dengan makna hidup yang baik orang akan menjadi insan yangberguna, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.Makna hidup dapat diwujudkan dalam sebuah keinginan untuk menjadiorang yang berguna untuk orang lainnya, apakah itu anak, istri,keluarga dekat, komunitas, negara dan bahkan umat manusia.

Jadi, mengapa maknahidup yang dibahas? karena makna hidup adalah konsep yang penting danseharusnya jika kita semakin menyadarinya, akan sangat membantu kitauntuk terus tegak berdiri dan tenang dalam menjalani keseharian kita.Wallohu a'lam.

-----------------------------------------------------------------------------

Teman-teman -semogaAllah merahmatimu- kehidupan ini adalah sebuah kesempatan yang sangatberharga untuk kita. Jangan sampai kita sia-siakan kehidupan di duniaini untuk sesuatu yang sia-sia dan mendholimi kita. Karena hidup kitasebentar saja, bukankah demikian? Allah ta’ala berfirman (yangartinya), “Seolah-olah tatkala melihat hari kiamat itu, merekatidaklah hidup (di dunia) kecuali hanya sesaat saja di waktu siangatau sesaat di waktu dhuha.” (QS. an-Nazi’at: 46)

“Tidaklah Akuciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadahkepada-Ku.” (QS. adz-Dzariyat: 56).

Beribadah? setiapdetik kita harus berada di masjid, atau setiap detik kita harusmembaca al-Qur’an, atau setiap hari kita harus berpuasa? tidak,sama sekali bukan demikian…

Ibadah, mencakupsegala ucapan dan perbuatan yang dicintai oleh Allah.

Allah tidakmenghendaki kita setiap detik berada di masjid.

Allah juga tidakmenghendaki kita setiap detik membaca al-Qur’an. Semua ibadah ituada waktunya.

Yang terpenting bagikita adalah melakukan apa yang Allah cintai bagaimana pun keadaankita dan di mana pun kita berada, dengan ikhlas dan ittiba.

Wallohu a'lam.

Teman-teman,berbicara tentang makna hidup, Allah menciptakan kita untuk beribadahkepada-Nya, sesungguhnya bukankah demikian makna hidup kita yangsudah sewajarnya?

Wallohu a'lam.

Dalam psikologi,teori tentang makna hidup dikembangkan oleh Victor Frankl, seorangpsikiater dan neurolog dari Austria, di zaman masih Perang Dunia Duadulu. Di Indonesia, salah satu tokoh yang mengembangkannya adalahBapak Hanna Djumhana Bastaman, yang dikenal dengan Bapak LogoterapiIndonesia, yang juga mengembangkan Psikologi Islam di Indonesia.

Menurut VictorFrankl makna hidup merupakan proses penemuan suatu hakekat yangsangat berarti bagi individu. Pencarian makna hidup pada tiap orangberbeda, ini merupakan alasan yang mendasar dari tiap individu. Ada 3konsep dasar dalam teori ini, yaitu:

a. Kebebasanberkehendak ( the freedom to will)

Manusia dalambatas-batas tertentu memiliki kemampuan dan kebebasan untuk mengubahkondisi hidupnya guna meraih kehidupan yang lebih berkualitas. Danyang sangat penting kebebasan ini harus disertai rasa tanggung jawab(responsibility) agar tidak berkembang menjadi kesewenang-wenangan.

b. Hasrat untukhidup bermakna ( the will to meaning)

Setiap orangmengiinginkan dirinya menjadi orang yang bermartabat dan berguna bagidirinya, keluarga, lingkungan kerja, masyarakat sekitar dan berhargadi mata Tuhan. Keinginan untuk hidup bermakna memang benar-benarmerupakan motivasi utama pada manusia. Hasrat inilah yang mendorongsetiap orang untuk melakukan berbagai kegiatan seperti kegiatanbekerja dan berkarya agar hidupnya dirasakan berarti dan berharga.

c. Makna hidup ( themeaning of life)

Makna hidup adalahhal-hal yang dianggap penting, dan berharga serta memberikan nilaikhusus bagi seseorang, sehingga layak dijadikan tujuan dalamkehidupan (the purpose in life). Makna hidup apabila berhasilditemukan dan dipenuhi akan menyebabkan kehidupan ini dirasakandemikian berarti dan berharga. Makna hidup ternyata ada dalamkehidupan itu sendiri, dan dapat ditemukan dalam setiap keadaan yangmenyenangkan dan tak menyenangkan,

keadaan bahagia danpenderitaan. Pengertian mengenai makna hidup menunjukkan bahwa dalammakna

hidup terkandungjuga tujuan hidup, yakni hal-hal yang perlu dicapai dan dipenuhi.Mengingat antara makna hidup dan tujuan hidup tidak dapat dipisahkan.

Bastaman (1996)mengartikan bahwa makna hidup adalah hal-hal yang dipandang penting,benar , dan didambakan, memberikan nilai khusus serta dapat dijadikantujuan hidup seseorang. Apabila berhasil ditemukan dan dipenuhi, makakehidupannya menjadi berarti dan menimbulkan perasaan bahagia.

Kehidupan initidak selalu menawarkan kesenangan dan ketenangan, tetapi sebagaikeseimbangan kehidupan ini juga menyediakan ketegangan danpenderitaan. Oleh karena itu, makna hidup harus dicari dan dipenuhi,serta tantangan-tantangan yang ada harus dihadapi dan dijawab. Halini terjadi karena setiap orang menginginkan dirinya menjadi orangyang berguna dan berharga bagi keluarga, lingkungan masyarakat, sertabagi dirinya sendiri.

SehinggaBastaman (1996) menjelaskan makna hidup tidak dapat diberikan olehsiapapun melainkan harus dicari dan ditemukan sendiri. Orang lainhanya dapat menunjukkan segala sesuatu yang secara potensialbermakna, namun untuk mencantumkan apa yang dianggap bermakna padaakhirnya terpulang pada orang yang diberi petunjuk itu sendiri.

Bagi kalanganyang menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan, maka ketuhanan danagama merupakan sumber makna hidup yang paripurna, yang seharusnyamendasari makna hidup pribadi, lebih-lebih pada bangsa Indonesia yangumumnya beragama (Bastaman, 1996).

Jadi, sepertiyang sudah saya tuliskan sebelumnya, merupakan hal yang normal bilamakna hidup bagi kita sebagai muslim adalah untuk beribadah kepadaAllah.. wallohu a'lam.

Pertanyaannya,

Apakah kita selalumemaknai hal tersebut dalam aktivitas kita sehari-hari?

Bahwaprofesi kita sebagai ibu rumah tangga bermakna untuk beribadah kepadaAllah?

Apakah kitamerasakan bahwa kita mendidik anak-anak kita juga untuk beribadahkepada Allah?

Apakah kitamenyadari setiap kali kita menahan marah kepada anak-anak kita,melayani suami kita yang padahal mungkin sedang membuat kita kesal,bahwa Allah menyukai kita melakukan hal tersebut, dan kitamelakukannya untuk mendapatkan ridho-Nya,beribadah pada-Nya?

Apakah kitamenghayati, dalam melakukan keseharian yang monoton, itu-itu saja,bosan, jenuh, capeeeeek, pengen me time tapi ngga bisa, pengendidengerin tapi ngga ada yang dengerin, pengen jalan-jalan tapi cumadi-php in, tapi kita trussss berusaha bertahan dalam kondisi supersulittttttttt itu, karena kita melakukannya untuk mengimani 'takdir'kita, untuk ridha pada ketetapan Allah, dan untuk beribadahkepada-Nya?

Apakah, ketika kitamemiliki masalah dengan suami, kita dapat tetap berlemah lembutterhadapnya, karena Allah menyukai hal demikian dan kita melakukannyauntuk mendapatkan kasih sayang-Nya, beribadah pada-Nya?

Apakah kita setiapkali merasa kekurangan, uang, ditipu orang, didholimi orang,kekurangan waktu, perhatian dari suami, orang tua, keluarga, capek,lelah, bosan, marah, malu, kesal, sedih, sakit fisik, hati, dlsb..namun kita tetap mampu tegar bersabar dan bersyukur, karena kitamemaknai itu semua dengan baik, bahwa sebagai muslim, seharusnya kitahanya dalam 2 keadaan, yaitu bersabar dan bersyukur, sebagai kondisiyang Allah cintai, dan kita melakukan itu, juga untuk mendapatkanrahmat-Nya, beribadah pada-Nya..?

-----------------------------------------------------------------------------

Saat ini, mari kitabelajar dari contoh kasus Bunda FB...

saya jg nih lbihsering nangis.. entah merenungi nasib yg begini atau gmna..

lelah saya sprtidanggap biasa aja oleh suami.. mnurutny itulah kerjaan ibu2..

anak dgnjarakberdekatan, (3y, 2y, & 4m) membuat saya kelimpungan apalagitanpa art..

susah buatmenenangga.. gbsa meTime krna anak 3 bersama saya.. gbsa naik motorjg.. heu..

suami dr pagibuat ummat istilahny.. ingin mncari suasana lain d luar, lbh seringdphp-in..

cita2 swya drdulupengeeen bgt ngajar.. entah ceramah, entah d pengajian, atauprivatlah yg enteng.. minimal mnyalurkan sdikiit kemampuan saya, tpsayangsuami g mngizinkan dan g mndukung..

alhasil sayasuntuk..

kerjaan numpukdananak rewel dan suami cuek membuat saya tertekan..

kepengennysihmemprioritaskan anak2, dan menemaninya bermain.. tp suami sukagterima klo rumah berubah agak gmnaaa gtu.. jadilah tiap menitsayanyapuuu.. d lanjut nyuci baju.. nyapuu lagi plus beresin mainananakyg berce er.. g lama nyapu lg..

DearBunda FB dan teman-teman semua,

Ada saat-saat manusia terasa'hampa'.. yaitu saat ketika ia merasa bahwa dirinya tidak cukup baiksebagai 'manusia' bagi orang lain... apalagi 'tidak dihargai' olehsuami sendiri... dirimu akan merasa kecewa, bahkan tertekan,mungkin...

vacuum existential..meaninglessness.

Apa yang kamurasakan ketika suami merasa tugas2 beratmu di rumah, menjaga 3 oranganak yang jaraknya berdekatan adalah hal yang 'biasa'

normal

memangitu 'tugasmu'

Baik-baik saja kah?

Sepertinya tidakya... =(

Bunda jadi sering menangis, merenungi kenapa nasibkubegini amat...

pengen jadi ustadzah, jadi guru, ngajar privatpun ngga bisa... ga boleh sama suami

suami sibuk di luardan ketika di rumah, suami bantuin juga jarang tapi malah menuntutrumah rapih...!

Bunda pastilelah..

pengen diajak jalan-jalan, hanya diberikan harapan danngga kesampean

pengen keluar sendiri, anak 3, gimanabawanya.... bahkan naik motor ngga bisa...

kerjaan dirumah kayak ngga abis2.. anak rewel ganti-gantian...

YaAllah... semoga Allah berikan pahala yang banyakkkkkkk untuk amalbaikmu, Bunda...

Bunda FB, dirimu..cobalah... kembalilah dan maknai lagi niat awalmu.. menjadi Ibu RumahTangga... bahwa kamu menjadi ibu rumah tangga untuk beribadah padaAllah.. semoga Allah selalu memberkahimu dalam menjalankanperanmu.... maknai itu, Bunda, hayati itu dengan baik... dan kamuakan bahagia... sungguh-sungguh bahagia melakukannya...

Tentang suami,terimalah kondisi suami yang mungkin belum paham tentang banyaknyatugasmu..

atau juga tidak paham betapa lelah dan bosannyadirimu di rumah se la lu

karena ia juga mungkin lelah dengandirinya sendiri

menghadapi ummat yang 'membutuhkan' nya

jugabekerja menghidupi 4 orang di pundaknya

begitu penat melihatberantakannya 'dunia'

berpeluh dengan debu dan asap dijalan

di balik jalanan kota yang tidak bersahabat

sehinggaketika di rumah yang ia tahu adalah rumah adalah tempat yang nyamandan indah dipandang

rumah adalah tempat yang tenang danmenenangkan

bukan rumah yang penuh dengan anak-anak yang reweldan barang-barang bergelimpangan

Suamimu, mungkin masih berkutat dengan pikiran konservatifnya...

dan ia dengansemangat mudanya, butuh terus diingatkan

bagaimana memahamikondisi kalian...

Semoga Allah terusss kuatkanBunda........

Ini jalan surgamu, Bunda... ladang pahalamu...

Ingatkah ketika menikah, untuk menggenapkan separuhdien...

separuh,,,,,,,

yang berarti separuhnya lagiharus diperjuangkan

yang artinya 'diperjuangkan' adalahberjuang

bukan berleha-leha,

di pangkuanmu ada 3 oranganak kecil

yang nantinya sungguh akan menjadi emasmu dikehidupan setelah hidup ini nantinya

yang dengan doa-doamereka adalah sumber hartamu yang tidak akan terputus selain amaljariyah dan ilmu bermafaatmu...

Ya, anak-anak kecilmu yangsekarang mungkin rewelnya masih suka berbarengan dan sungguh2melelahkanmu......

Mereka, insya Allah adalah penolongmu...dengan rahmat Allah...

aamiin

Hilangkan.. enyahkanvacuum of existiential itu

karena sungguh, dirimu begituberharga

begitu berarti

begitu bermakna.....!

dan

maknai hidupmu dengan sangat baik.......

-----------------------------------------------------------------------------

Kembali pada teorimakna hidup

Menurut Frankl maknahidup hanya ada satu di dalam setiap situasi.

Individnu akandipandu oleh suara hati secara intuisi untuk menemukan makna hidupsebenarnya. Keadaan mendesak secara kuat mempengaruhi dalam mencapaimakna hidup, sebagian besar bergantung pada sikap individu terhadapkeadaan mereka. Jika individu tidak mengejar makna hidupnya diamengalami vacuum existential atau meaninglessness. Hal ini seringdiiringi dengan perasaan kebosanan, ketidakpedulian, perasaan tidakbermakna, kehampaan, kurangnya

orientasi bertujuan,sikap apatis, serta ketidakpuasan terhadap hidup (Debats, 1993).

Jika kita mengikutiteori Frankl, makna hidup dapat dicapai dari nilai kreatif, nilaipenghayatan dan nilai bersikap.

1. Nilai kreatifmengilhami individu untuk menghasilkan, menciptakan dan mencapaisukses di dalam suatu pekerjaan.
Kreatiflahmengisi hari-hari dalam hidupmu...

isi dengan warnawarni

dengan semangat yang diisi lagi diisi lagi untuk terusberpikir positif dan mendekatkan diri pada Allah...

2. Nilai penghayatanmencakup pengalaman positif seperti cinta dan penghargaan terhadapkeindahan.

Suami ngga 'menganggap' peranmu?

Dirimu lahyang 'menganggap' peranmu sendiri

Patahkan pandangan suamimutersebut

Rasakan lagi cinta yang ada di antara kalian

hayatibahwa cinta itu tetap ada di balik hari-hari dingin yang bahkan untukberkomunikasipun rasanya ngga nyambung.. susaaah sekali

lihatmata anak-anakmu... tatapan mereka yang penuh harap padabundanya

kata-kata polos mereka yang menyiratkan bahagianyamereka dengan adanya dirimu

bahkan tangisan mereka yangmencarimu ketika kamu pergi ke WC.....!

bukankah itumenunjukkan betapa berartinya dirimuuuu

bahkan dalamkonteks lain,pangggilan suami mencari sebelah kaus kakinya,

bukankahsangat sangat menyiratkan betapa penting peranmu...!

kalaukaus kaki aja suami butuh dirimu

apalagi untuk hal hallainnya....!

Ya... maafkanlahlidah kelu dan sikap sok cool itu yang selama inimenyakitimu...

suamimu itu, benar-benar perlu diajari caranyamerayu sesuai keinginan kita

tapi bagaimanapun, dia tidakpernah menyesali betapa berat tugasnya menafkahi kalian...

3. Nilai bersikapmembawa seseorang kepada pilihan bersikap terhadap kondisi negatifyang tidak dapat dihindari seperti ketidakadilan (Debats, 1993).

Merasa suamitidak adil?

Ngga pengertian...

tetap saja, maknahidupmu akan membawamu untuk dapat melewatinya

bahwa dirimupunya hati setegar karang untuk melalui hari hari monoton itu

bahwadirimu punya hati seluas samudera untuk menerima kekurangansuamimu

bahwa dirimu punya hati yang tulus danberwarna warniuntuk menceriakan hari keluargamu

karena apa?

KarenaAllah yang menjadi tujuan setiap amal kita

dan hadiah dari Allah yang sungguh akan membuatmu bahagia selama-lamanya...

kuatlahbunda.... kuatlah....!

Ini belumseberapa.........................

–---------------------------------------------------------------

dantentunya, makna hidup setiap orang, akan berbeda-beda, baik muslimataupun bukan.

Saya melalui tulisanini, tidak bermaksud membatasi makna hidup teman-teman semua.

Jika teman-temanmakna hidupnya adalah untuk mencari uang yang banyak, silakan...

Jika teman-temanmakna hidupnya adalah untuk mencari penghargaan dari lingkungansosial, silakan...

Jika teman-temanmakna hidupnya adalah untuk mendapatkan "power", untukmengatur orang lain, silakan...

Jika teman-temanmakna hidupnya adalah untuk beraktualisasi diri, silakan...

Jika teman-temanmakna hidupnya adalah untuk menolong orang tua, keluarga, orang lain,silakan...

Jika teman-temanmakna hidupnya adalah untuk membahagiakan orang tua, keluarga, oranglain, silakan...

apapun,

ada 2 hal yangpenting diingat... lakukan dan maknai itu semua dengan keyakinan,ketenangan dan hati yang lapang, serta tujukan untuk beribadah kepadaAllah ...

sehingga tiap kalikamu merasa 'jatuh', 'kosong', insya Allah kamu tetap dapat berpijakdengan baik dengan kesabaran..

dan ketika kamumerasa 'tinggi' dan 'beruntung', insya Allah kamu terus dapatbersyukur dan nikmatmu pun terus bertambah..

wallohu a'lam

Materi yang tidaklebih panjang dari kereta ini, semoga dapat dipahami dan kitaaplikasikan dengan sangat baik, aamiin..

Semoga Allahmudahkan kita untuk dapat memaknai hidup kita sebaik-baiknya disetiap detiknya...

Semoga Allahmudahkan kita untuk memaknai bahwa apapun yang kita lakukan, selaluAllah lihat.. sehingga apapun yang kita lakukan selalu merupakankebaikan dan bermakna sebagai bentuk ibadah kepada Allah.. aamiin..

-----------------------------------------------------------------------------

Kurang lebihnya,

saya

manusia biasa dengansalah dan khilaf

sesungguhnya, sayajuga malu menulis materi ini karena saya juga merasa bahwa sayasendiri belum selalu seperti itu..

tapi semoga,

kita dapat terusterus lebih baik dan terus melakukan kebaikan

iman naik dan turun

bertambah denganketaatan

berkurang denganmaksiat

Semoga Allah trusmudahkan kita untuk melakukan kebaikan dan taat kepada-Nya

dan terus teruslebih baik dan terus melakukan kebaikan

aamiin

kalau merasabosaaannnn lagi?

bangkit lagi.perbaiki diri lagi, semnagati diri lagi... it's ok, its life...!

semuanya ok..! insyaAllah.. asalkan kita trus sadar dan meluruskan niat kita lagi

berjuanglah dengankeras, sesuai kemampuanmu... bukan di bawah kemampuanmu

Karena pernikahan,

tidak semua orang bisa merasakannya

Punya suami dananak-anak yang pasti ada saat-saat ngga enak namun pasti adasaat-saat enak juga..!

Karena menjadi istri, pasti adasaat-saat merasakan kebaikan suami, bukan cuma 'kejelekannya'

Karenamenjadi Ibu, pasti sesungguhnya akhirnya adalah bahagia

tidakpeduli apakah anak itu diharapkan kemunculannya atau tidak *karenajarak yang terlalu dekat atau alasan lain

tapi Pasti, Bunda...anakmu adalah pelipur laramu, penyejuk matamu... asalkan kitamendidiknya dengan baik.....

Karena punya keluarga adalahharta yang paling berharga kalau kata keluarga cemara.... dan siapayang mau menyangkalnyaaaa?

Karena menjadi ibu rumah tanggajuga merupakan karunia dari Allah

untuk sepenuh waktumu fokuspada pendidikan anak-anakmu

hanya dirimu yang fulllll taukebutuhan keluargamu

100% waktumu benar2 tau bagaimana tumbuhkembang anak-anakmu

dan dirimu, benar2 di rumahmu.. di tempatyang dimuliakan Allah untuk menjaga 'diri'mu

dan banyakkebaikan-kebaikan lainnya


Begitu banyak pahala yangmelimpah meskipun kita tetap tinggal di rumah.


Begitu banyakpula tugas-tugas mulia yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Beribadah di rumah, mengurus rumah tangga, mendidik anakmenjadi genarasi shalih-shalihah, dan kegiatan lain yang bernilaipahala.

Tidak ada profesi yang lebih mulia bagi wanita selaintinggal di rumahnya untuk menjadi ibu rumah tangga,

Wallahu a’lam.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik, dia mengatakan :

جئن النساء إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقلن: يا رسول الله، ذهب الرجال بالفضل والجهاد في سبيل الله تعالى، فما لنا عمل ندرك به عمل المجاهدين في سبيل الله؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “من قعد -أو كلمة نحوها -منكن في بيتها فإنها تدرك عمل المجاهدين  في سبيل الله”.


Seorang wanita datang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian berkata : “Wahai Rasulullah, laki-laki memiliki keutamaan dan mereka juga berjihad di jalan Allah. Apakah bagi kami kaum wanita bisa mendapatkan amalan orang yang jihad di jalan Allah? Rasulullah bersabda : “ Brangsiapa di antara kalian yang tinggal di rumahnya  maka dia mendapatkan pahala mujahid di jalan Allah.” (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Adzim surat Al Ahzab 33)
Berbahagialah wahai Ibu RumahTangga

 

 

Silvia Rahayu / Tukang Nulisnya

Blogger kambuhan yang menulis di saat kepengen dan ada waktu, masih labil sama konten tapi ttp bertahan sebagai blogger meski tak pernah blogwalking :p.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib