Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Jumat, 14 November 2014

Survive without shampoo (day 5)

Silvia Rahayu
Hohoho .. Rambut udah mulai lepek nih, klo soal gatel sih alhamdulillahnya engga. Trus yang lain yg paling berasa adalah rontok saya berkurang!! .. hohoho.. emejing.

Para busui yang lagi menyusui pastilah ngerasain stressnya rambut rontok, katanya sih klo si bayi udah mulai maenan ludah siap siap ibunya rontok rambut heuheu tapi emang iya sih tapi sebenernya pengaruh hormon jadi ya bikin rontoks, dan kadang rontoksnya ini suka bikin sutresss, nah siapa yang setujuuu? Sok ngacung .. Tuh kan banyaaak hehe.

Nah, pas Reva umur 3 bulanan lebih mulailah rontok dahsyat si rambut teh, mpe cuma nyisir pake jari aja itu si rambut lepas dengan sukarela, daaaan 5 hari no shampoo ternyata rontoknya super berkurang dong, biasa rontok berhelai helai.. Skrg cuma 1-2 helai doang #alhamdulillah

Trus pas keramasnya (water only) rambut pun g pake banyak berjatuhan .. Yaaaay alhamdulillah batal botak hihi #lebay.

Dan setelah baca baca emang ada banyak side effect dari no-poo ini selain bikin rambut lebih sehat juga bikin rambut numbuh lagi dengan cepat. Tapi ya pasti musti pake perawatan juga.. But..still no shampoo :).

Nah, mau cerita oleh oleh dari hasil browsing soal no-poo ini, ternyata ada beberapa golongan juga
1. Water only - alias asli cuma air
2. Conditioner only, tetep no shampoo tapi tetep pake conditionernya
3. Pake perawatan lain yang penting selain shampoo.

Dari hasil baca baca, alternatip lain buat perawatan rambut adalah pake soda kue, cuka apel, jeruk lemon, madu sampai cuka biasa. Dan semuanya tergantung rambutnya jadi g pasti semuanya sesuai bisa nerapin itu dan tentunya tergantung sejauh mana anda mau bereksperimen hehe yang paling aman yah yg water only ajaah tanpa perlu eksperimen :D. Selain itu tentunya ada juga perawatan lain yg tradisional yg biasa di lakuin seperti minyak kemiri, lidah buaya, merang, minyak zaitun, dan lain lainnya. Tapi menurut kembali mengutip mba Angelin, lebih baik klo mau pake minyak2an di lakukan setelah melewati 2 bulan, jadi biarkan dulu rambutnya kembali ke fitrahnya dulu, baru deh di tambah yang lain lain but still yang lain-lainnya bukan shampoo atau temen-temennya yang mengandung kimia sintetis.

Hari ini berhubung tadi siang beli bahan kue dan salah satunya soda kue, jadilah sore tadi saya bereksperimen pake soda kue :D. Alasannya karena kurang kuat iman mungkin yah menunggu sampai waktu 2 minggu heuheu secara paginya suami sudah mulai menunjukan sinyal sinyal agak gimanaaa gitu sama si rambut sayah :D. Selain itu karena pas anak-anak tidur iseng nyobain ngilangin komedo pake soda kue jadinya terinspirasi nyobain juga buat rambut hehe.
Jadii caranya soda kue saya campur dengan air, secukupnya saja. Klo dari sumbernya (hadeuh lupa linknya di copas) 1 sendok soda kue di campur 1 gelas air kocok sampai jadi pasta, tapi baru dikasih air sedikit aja dan saya kocok  kocok eh ga jadi jadi pastanya jadi yo wess lah saya cuma pake air dikit :D.

Setelah siap, campuran tadi di balurin ke kulit kepala sama rambutnya juga, dari akar sampai ujung rambut menyeluruh sambil di pijit2, lalu saya diamkan selama 5 menit, lalu bilas. Pas di bilas rambut memang g berasa selembut pas abis shampoan, masih agak kasar di tangan, tapi gpp. Yang penting bersihkan sampai soda kuenya hilang, dan saat bersihin otomatis g bakalan ada yang namanya busa ho oh laaah dan bukan shampoo ateuuu buee :p.

Setelah bersih, tadi saya ga pake dikeringkan dulu rambutnya cuma di hilangin airnya bentar saya lanjut pakein perasan jeruk nipis karena itu ngerjainnya sambil di liatin anak2 dan udah mau deket acara mereka mandi juga hihi. Jadi caranya seperti tadi pas pake soda kue, sambil dipijit-pijit si perasan jeruk  di ratakan ke seluruh rambut. Setelah 5 menit, bilas lagi dan kerasanya langsung beda, rambut berasa halusnya.

Jadi bisa di bilang soda kue itu menghilangkan minyak minyak di rambutnya, dan si jeruk nya sebagai conditionernya, menghaluskan kembali rambutnya.

Abis itu waktu dikeringin depan kipas cuma sambil di goyang goyang ternyata cepet keringnya. Dan hasilnya fantastis hehe.. Lansung selfie dong dan kirim ke pae lalu responnya "wow lebih ngembang dari pake shampoo" :D. Percaya ga percaya?? coba saja di buktikan :D.

Jadi ada cara lain buat berpaling dari shampoo.. Klo belum sanggup berwater only ada opsi lain hehe, kata mba angelin juga g keitung "batal" detoks rambutnya klo pake soda kue, asal g kembali weh CS an sama shampoo hehe.

Silvia Rahayu / Tukang Nulisnya

Blogger kambuhan yang menulis di saat kepengen dan ada waktu, masih labil sama konten tapi ttp bertahan sebagai blogger meski tak pernah blogwalking :p.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib