Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Sabtu, 21 Februari 2015

The amazing Terong

Silvia Rahayu


[caption id="attachment_935" align="alignleft" width="227"]sumber : dauninsulin.com sumber : dauninsulin.com[/caption]

Sebelum nikah yang namanya liat terong itu udah tutup mata alias g liat dan pasti g bakalan milih buat makannya, karena penampakannya yang enyoy enyoy gimana gitu. Tapi apalah daya sang suami ternyata suka makan terong, pertama kali di suruh nyobain terong udah pake merem melek pas masukinnya khawatir gimanaaa gitu rasanya (dan ini masih berlaku buat pete dan jengkol, saya belum punya kekuatan buat nyoba masukin keduanya ke dalam mulut :D ). Eh setelah itu terong masuk mulut ternyata rasanya not bad lah hehe.


Lalu saya mulai belajar masak orek tempe tapi pake nambahin terong, rasanya maknyoos suka banget, jadilah si orek tempe itu satu satunya andalan saya saat itu (maklum jarang masak), lalu si terong mulai di racik dengan formula yang berbeda, di goreng tepung, di tumis bareng2 mentimun n wortel, di sayur sampai ke tahap pake bumbu teriyaki pulak, terakhir ada juga bakwan terong jagung hmm.. nikmeh.


Kesimpulannya i love terong deh hehe, see inilah .. don't judge a book by its cover (but still belum tertarik nyoba jengki and pete), and then saya penasaran apa aja sih manfaatnya si terong ini? benarkan terong bisa bikin lemes? kheuseusnya buat bapak-bapak? dan subhanallah yah ternyata banyak beneer manfaatnya si terong ini, cekidot


---------------


Terong merupakan salah satu jenis sayuran bewarna ungu yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat luar biasa. Ini dikarenakan, terong mengandung kalsium, mineral, kaya serat, bioflavonoid serta vitamin K.


Terong atau terung, adalah tanaman milik keluarga Solanaceae dan genus Solanum. Ini adalah tanaman asli dari India dan Sri Lanka, dan berhubungan erat dengan tomat dan kentang. Buah digunakan sebagai sayuran untuk memasak.Solanum melongena nama botani. 

Terong adalah tanaman hijau sering ditanam secara tahunan, untuk mengambil buah. Tanaman ini tumbuh 40-150 cm untuk (16-57 inci) tinggi. Daun yang besar, dengan lobus kasar. Ukurannya 10-20 cm (4-8 inci) dan 5-10 cm (2-4 inci) lebarnya. 

Jenis-jenis setengah liar yang lebih besar dan tumbuh sampai setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya.Para cracker biasanya berduri. Bunga warna antara putih ke ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sari kuning. Buah mengandung tepung, dengan diameter kurang dari 3 cm untuk liar, dan bahkan lebih besar untuk jenis tanam. 

Dalam hal botani, buah mengandung banyak biji kecil dan lembut. Benih dapat dimakan tetapi rasanya pahit karena mengandung alkaloid nikotin. Hal ini tidak mengherankan karena terong adalah saudara dekat tembakau. Terong ukuran buah bervariasi dari kecil ke besar, tergantung pada budidaya. Buah memiliki berbagai warna, terutama ungu, hijau, dan putih.


Manfaat dari terong adalah :


1.  Mencegah Kanker

     Terong sebenarnya memiliki khasiat untuk mencegah kanker. Namun, terong memiliki efek samping lainnya      jika dimakan berlebihan yaitu dapat mematikan sel-sel dalam tubuh dan menimbulkan kanker. Terong memiliki kandungan potassium, air, lemak, protein, lemak, kolesterol dan lain sebagainya. Terong termasuk ke dalam makanan yang mengandung kalori rendah.


2. Menurunkan Kolesterol

Efek samping terong lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Terong yang direbus atau dikukus dan dimakan secara bersamaan dengan makanan yang mengandung kolesterol tinggi, akan mengakibatkan kandungan kolesterol dalam makanan tersebut menurun. Namun, jangan mengolah terong dengan cara digoreng atau dimasak dengan menggunakan santan. Karena hal ini akan membuat khasiat dari terong menjadi hilang.


3. Menurunkan Darah Tinggi

Kita juga dapat memanfaatkan air rebusan terong untuk menurunkan darah tinggi. Selain itu, rebusan terong juga dapat menyembuhkan batuk, sakit perut dan melancarkan buang air kecil.


4. Mengurangi Rasa Sakit

Terong dipercaya dapat mengobati encok, sakit pinggang, nyeri, dan lain sebagainya. Sehingga banyak orang yang memanfaatkan terong ini.


5. Mengurangi Serangan Reumatik

Efek samping terong berikutnya adalah dapat mengurangi reumatik. Karena terong memiliki kandungan zat anti reumatik. Bahkan terong sendiri sering digunakan sebagai obat tradisional reumatik di Nigeria.


6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Untuk mengkonsumsi terong, sebaiknya konsumsi bersamaan dengan kulitnya tanpa dikupas. Karena terong bersama kulitnya bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Terong juga dipercaya dapat menurunkan resiko kanker usus besar dan melancarkan pencernaan.


7. Mengontrol Diabetes

Mengkonsumsi sayuran terong juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah karena mengandung serat dan karbohidrat rendah larut. Hal inilah yang dapat menurunkan resiko diabetes pada seseorang.


8. Makanan Otak.

Kandungan nutrisi phyto pada terong merupakan salah satu nutrisi yang sangat di butuhkan oleh organ otak. Jadi, bagi anda yang bingung untuk memilih jenis makanan yang mampu menutrisi otak, maka terong akan menjadi salah satu solusinya



9. Makanan Untuk Jantung.

Ini dikarenakan, Terong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang beresiko membahayakan organ jantung tersebut.


10. Pengontrol Tekanan Darah Tinggi.

Kandungan bioflavonoid berperan besar dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa mengancam kualitas kesehatan tubuh anda.


11. Tulang Yang Lebih Sehat Dan Kuat.

Kandungan kalsium dalam terong dapat memperkuat dan mempertahankan kekuatan sendi dan tulang.


12. Pencegah Anemia.

Kandungan zat besi dalam terong akan membantu mencegah anemia atau kurang darah yang mungkin diderita oleh sebagian orang.


13. Bagus untuk diet

Dalam beberapa penelitian terung dianggap sebagai sayuran yang memiliki kadar air yang baik untuk mengontrol kalori. Hal ini membuat terung  sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang yang ingin mengurangi berat badan. Spons tekstur terung yang membuat karakteristik nya berbeda dengan sayuran lain, maka salah satu harus mengkonsumsi dalam bentuk alami sebanyak mungkin.


14. Membuat kulit lebih indah
Kandungan airnya yang tinggi menjadikan terong mampu meningkatkan kualitas rambut serta kulit kita. Air sangat penting dalam tubuh untuk menyehatkan kulit dan juga rambut. Namun, kandungan air yang ada pada terong akan menurun ketika terong di masak, jadi ada baiknya anda mengkonsumsinya dalam keadaan masih mentah.

Wanita Eropa sering me"manfaat"kan "terong" untuk memutihkan dan menghaluskan kulit, serta menghilangkan jerawat. Caranya, "terong" dihaluskan bersama yogurt tawar, lalu diusapkan ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas wajah hingga bersih.


15. Terong Pembangkit Gairah Seks.



Dalam pengobatan Hindu kuno, "terong" diandalkan sebagai sayuran pembangkit gairah seksual. Di Eropa, "terong" mendapat julukan apel cinta (apple of love) dan sangat populer sebagai buah penambah gairah sejak tahun 1600-an. Ini karena "terong" mengandung flavonoid yang ber"khasiat" sebagai antioksidan dan melancarkan sirkulasi darah sehingga baik untuk mengatasi disfungsi ereksi yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah.

16. bagus untuk bumil
Bagi kaum hawa, "terong" punya "manfaat" tersendiri. Sayuran ini mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil dan janin yang dikandungnya. Asam folat berperan dalam mencegah kerusakan otak bayi di dalam kandungan. Air rebusan akar "terong" juga dipercaya sebagai tonik bagi wanita setelah proses persalinan.

17.mencegah dan mengobati serangan epilepsi dan kejang lainnya

Buah terong mengandung striknin, skopolamin, skopoletin, dan yang dapat menghambat kejang skoparon serangan, gugup, atau kekejangan saraf.


Sumber  dari sini, di sini, sini ,dan  sini






 

Silvia Rahayu / Tukang Nulisnya

Blogger kambuhan yang menulis di saat kepengen dan ada waktu, masih labil sama konten tapi ttp bertahan sebagai blogger meski tak pernah blogwalking :p.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib