Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Kamis, 07 Mei 2015

6 penyebab penyimpangan seksualitas pada anak

Silvia Rahayu

11140339_10206741519764407_2124752671714226542_nDapet Sharingan dari Temen yang ikutan seminar parenting ibu Elly Risman tanggal 5 Mei kemarin di Hotel Posters Bandung, semoga bermanfaat.


-------------------------


Mau sedikit berbagi hasil seminar parenting kemarin, krn ada beberapa yg japri minta di share jg. Bahasan kmrn tentang pede bicara seksualitas dengan anak,
Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyimpangan seksualitas pada anak diantaranya:


1. Lihat pornografi
Pada kasus ini biasanya krn efek dr gadget, ortu yg memberikan fasilitas smart phone kpd anak usia dini di usia kurang dari 6 sekolah dasar adalah ortu yang hrs bertanggung jawab atas penyimpangan seksualitas yg akan terjadi pada anak, krn dgn smartphone itu sgt mempermudah anak untuk mengakses konten pornografi, bahkan dari game sekalipun sdh bnyk skali yg
membahayakan, yg anak nya pakai smartphone hrs selalu di awasi, lebih bagus lg ngga pake smartphone2 , kalo di sekolah anak saya alhamdulillah ada aturan dilarang membawa HP dan sejenis nya, smg terhindar dr bahaya nya. Toh untuk anak usia dini sgt sgt tdk perlu menggunakan smartphone , dr seminar kmrn sekelas stevejobs aja tdk memberikan anak nysmartphone loh padahal itu seorang stevejobs, nah kita mah apa atuh?? "</p


(setujuuu.. setujuu)


2.  Selfie!
Nah poin ini yg bikin jedang krn tdk disadari trnyta negatif akibatnya, melihat ortu asik selfie sdh bnyk kejadian anak ikut selfie tapiii foto selfie yg dia aplod diluar dugaan kita, semisal pamer aurat dll.. Krn pd dasarnya anak usia dini blm matang blm tau mana yg baik dan tdk. Begitu dpt pengaruh negatif dari inet, sinetron tdk berbobot, atau vidioklip barat maka mrk akan menelan mentah mentah, terlebih lg jika ortu mereka "pingsan" tdk bs mengawasi tumbuh kembang nya setiap waktu,, jadi kata bu elly ayo STOP SELFIE!


(ahiks masih suka welfie sama anak2, kumaha atuh klo ituu?? :( )


3. Pacaran
Pacaran anak usia dini dikelas 4 menurut survey 40% mengakui sdh pacaran, pacaran ini adalah langkah pembuka untuk hub seksual yg tdk sehat. Ya penyebab nya lagi lagi tv dan gadget! Hindari anak anak kita dr tayangan sampah spt ggs dkk !


(hiks betul, pacaran anak sekarang mengerikaaaan .. #keukeupan3R)


4. Masturbasi
Ini banyak kasus di alami oleh anak SD jg loh ibu ibu, oleh karena itu kita harus menjaga pandangan anak anak kita dr hal yg bs merangsang, contoh kecil adalah segera pisahkan kamar anak dari org tua nya selambat lambat nya di usia 7 tahun dan paling ideal di usia 3,5 thn. Krn bnyk kasus anak yg pura pura tdr ktika mrlihat ortu nya berhubungan dan itu akan selalu tersimpan di memori si anak. Dan mndorong untuk melakukan masturbasi.


(dan iklan2 di tiipi aja musti byk yg disortir karena suka ada yg seksi2)


5. Adanya kampanya LGBT (lesbian, gay,bisexsual, dan transgender)
Buat yg punya tv cable kata bu elly sih jgn sesekali nonton tayangan glee (saya sih blm pernah liat) kmrn di perlihatkan bhw di film itu ada adegan lesbian dan homoseksual, nah jgn jauh jauh kesitu ternyata film spongebob pun dilarang
Di tonton jg krn katanya ada spt kampanye homoseksual nya, dan tdk ada nilai positif yg bs di ambil dr film itu, contoh kecil saja jika anak laki laki bicara harus jantan , tegas, tdk spt di film spongebob tsb.


(truee.. bahkan terakhir nonton avatar korra pas liat sinopsisnya ternyata pembuatnya mendukung LGBT, dan endingnya jg menjurus kesitu. meskipun tontonan anak2 jangan sampai deh anak-anak nonton pilm itu :'(. Dan itu keluaran Nick, spongebob juga kah? #ehGaBolehSuudzon )


6. Perilaku korban kejahatan
Perilaku korban kejahatan seksual biasanya akan melakukan kejahatan seksual kpd org lain dikemudian hari jika tdk di terapi dgn baik, oleh karena itu kita harus terbuka dan menjelaskan kpd anak mana dr tubuh kita yg boleh di sentuh,dan mana yg dilarang, (ini hrs sambil di praktekan dgn anak mana yg boleh dan tdk di sentuh dan ajarkan cara penolakan nya) agar anak kita bs terhindar dr kejahatan seksual, dan pada jaman skrg ajarkan kpd anak jika bertemu org asing di mall atau dmnpun yg tanya nama tdk usah mrk jawabkrn jaman skr sdh beda dgn jaman dulu. Marak sekali kejahatan .


beda ya antara seks dan seksualitas.
Seks adalah segala sesuatu yg berhubungan dengan alat kelamin, sedangkan seksualitas adalah meliputi totalitas kepribadian, bagaimana anda bersosial, tampil, tersenyum , tertawa, menangis, dan menunjukan siapa diri kita. Pendidik utama dan pertama seksualitas adalah orang tua, untuk bahasan ini bu elly memaparkan dr surat an nur ayat 30 -31 silahkan di buka yg kurang lebih isi nya untuk menahan pandangan dan memelihara kemaluan nya, jg menutup aurat. untuk mengajarkan anak perempuan untuk tidak bersolek,tdk memakai wewangian pd saat kluar rmh krn akan mengundang syahwat lawan jenis terlebih lg di jaman skr rentan bgt pemerkosaan dmn mn (naudzubillah), untuk berhijab sesuai syar'i, dan diterapkan dengan bahasa yg sederhana dan mudah di mengerti anak,


Panjang sekali klo hrs di paparkan semua secara seminar kmrn durasi nya 5jam, intinya sih untuk anak laki laki hrs selalu menghadirkan sosok ayah yg baik, jika ayah tdk ada hadirkan sosok kakek, atau paman, agar anak laki laki tdk bertingkah laku spt wanita krn tdk ada nya sosok laki laki terdekat.


sisihkan waktu untuk anak pergi hanya dgn ayah saja disitu bs di bahas berbagai macam sambil main atau makan , jika yg sdh punya anak sd bhas aja apa itu pacaran, knp pacaran di larang, apa dasar agama nya, bahas jg apa itu kemaluan knp disebut kemaluan,knp kemaluan si a yg lelaki dan si b yg peempuan berbeda ? jawaban simple untuk anak usia balita jawab saja karena allah menciptakan kemaluan wanita berbeda dengan kemaluan laki laki, dan msh bnyk lg bahasan bahasan penting ttg seksualitas ini.


Untuk membahas seksualitas ini pun bagi tugas ya bu apa yg menjadi tugas bahasan ayah dan apa yg menjadi tugas bahasan ibu, untuk ayah salah satu bahasan yg penting adalah bagai mana memepersiapkan mimpi basah? Dosa jika sbg ayah tdk mengetahui jika anak sdh mimpi basah terlebih lg jika tdk mempersiapkan nya, ttg mimpi basah ini panjang lg bahasannya tp intinya ambil saja pelajaran mimpi basah dr al quran, ortu pun hrs ckp ilmu untuk menjelaskan itu.


Sbg ortu skrg jgn asal jd follewers pakar parenting yg dasar agama nya aja di pertanyakan..
Ayo siapa yg follow pakar parenting ngetop sigoloktoge? Ya saya termasuk ! Ternyata dia mnerbitkan buku ttg pacaran dan isinya ada yg menyebutkan boleh "ML" asal jgn ada paksaan, ini bikin geleng2.. Lalu ada lagi pakar parenting ngetop bu elly tdk sebutkan namanya tapi di muat berita nya di detik katanya untuk pengenalan anatomi ke anak ortu hrs mandi bareng dgn anak dan menonton film porno bersama, jelas jelas ini salah kaprah! Cara paling baik memberikan edukasi ttg anatomi spt itu
yaitu dgn gambar.


Aduh kepanjangan ah .. Tapi kmrn ada yg bikin jleb bgt di akhir bu elly blg:
kita org tua adalah sbg baby sitter nya allah krn anak itu adalah titipan allah.. Jd jgn lah kita meng "subcontract-an" anak kita kpd siapapun!
Ya itu bikin jleb krn saya jg working mom yg menggunakan jasa pengasuh walaupun jam kerja efektif saya paling hanya 5 jam sehari mandi makan msh saya yg kerjain, msh bs jemput anak sekolah jg, msh bs menyusui full jg, istirahat saya plg untuk suapin, plg kantor mandiin dan suapin lg, krn mandi pagi anak anak mandi sama ayah nya biar berbagi tugas hehe Tp smua itu blm cukup kata bu elly alangkah baik nya jika kita berada di antara anak anak kita 24 jam!! Jleb jleb jleb PR bgt ini "</p

Silvia Rahayu / Tukang Nulisnya

Blogger kambuhan yang menulis di saat kepengen dan ada waktu, masih labil sama konten tapi ttp bertahan sebagai blogger meski tak pernah blogwalking :p.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib