Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Rabu, 06 Mei 2015

Manfaat buah duku

Silvia Rahayu
manfaat buah dukuLagi musim duku nih, yang kemarin udah nyampe harga RP. 8000 per kilo sekarang udah mulai naik lagi. Hehe sempet kecele dengan excitednya mau beli duku harga Rp. 5000/ kilo mana masih bagus bagus eh taunya pas di tilik bener-bener Rp. 5000 / 0,5kg hahaha setengah kilo nya kagak keliatan dari jauh :)).

Anyway, udah lama bue g makan duku, soalnya dari dulu sejak punya anak khawatir bijinya ketelen sama anak klo dia makan, secara anak-anak kan klo liat ibunya makan pasti pengen, dan alasan lainnya karena ribet ngupasin dan misahin bijinya hahaha.

Tapi tahun ini beda, suatu malam Pae beliin lah buah duku, manggis sama salak. Lalu dicobainlah itu duku sama 3R, eh pada suka yup sampai Reva juga doyan bingits. Pernah siang-siang di suapin duku saking sukanya Reva melonjak-lonjak dari kursinya terus tiap disuapin pake ekspresi seneng banget plus bilang " hap .. hap" hihihi. Dan seperti biasanya show offlah bue sama ummi qq, eh reva makan dukuuu. Tapi kata ummi qq, "tapi kan duku g ada gizinya", ih masa sih setau bue yang namanya buah2an, sayuran dan lain lain yang udah ready to eat di kasih sama Allah pasti ada manfaatnya deh. Lalu googling lah daan ternyata bue betuuuul :D.

Klo kata wikipedia
Duku adalah jenis buah-buahan dari anggota sukuMeliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini memiliki kemiripan dengan buah langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan pelbagai variasinya

Duku adalah tumbuhan identitas untuk Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk komposisi buah duku sendiri diperkirakan dalam setiap 100 gram mengandung

  1. kalori 7 kkal

  2. protein 1.0 gram

  3. lemak 0,2 gram

  4. karbohidrat 13 gram

  5. mineral 0,7 gram

  6. kalsium 18 mg

  7. fosfor 9 mg

  8. zat besi 0,9 mg


Dan ternyata untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku ternyata setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.  Duku juga mengandung Vitamin C dan E, dan memiliki sumber yang baik dari sifat antioksidan

Sedangkan manfaaat dari duku sendiri adalah :

1. Sebagai antioksidan
Sebagaimana yang kita tau bahwa vitamin C berperan sebagai antioksidan. Antioksidan adalah nutrisi yang mempunyai fungsi untuk menghalangi beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dihasilkan tubuh ketika melakukan proses merubah makanan menjadi energi. Antioksidan juga mengurangi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh zat beracun dan polusi.

2. Menjaga kesehatan gusi
Buah duku mengandung banyak sekali vitamin D yang sangat bermanfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan gusi, bagian dalam mulut ini memang rawan terkena berbagai macam masalah seperti gusi berdarah, sariwan dan iritasi.

3. Mencegah penuaan dini
Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas. Bahkan dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, racun, ataupun polusi. Sebetulnya radikal bebas adalah salah satu faktor penyebab penuaan dini.

4. Mempercepat pemulihan
Sebagaimana yang kita tau bahwa vitamin C sangat dibutuhkan oleh semua orang, baik orang yang ingin fit dalam melakukan rutinitas sehari-hari, maupun seorang atlet professional. Pasalnya, vitamin C dapat membantu untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu olahragawan dalam proses pemulihan tubuhnya setelah melakukan latihan yang berat.

5. Melancarkan sistem pencernaan
Karena buah Duku mengandung dietary fiber atau serat yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

Duku sebagai Obat Cacingan, menurunkan demam panas, serta membantu mengurangi diare, caranya cukup mudah, ambil biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air. Minum secukupnya sesuai kebutuhan. setelah itu diminum satu kali sehari, sekali minum seperempat gelas.

7. Membantu menurunkan berat badan
Telah sejak lama vitamin C terbukti menjadi faktor penting terjadinya biosintesis molekul kecil seperti protein yang disebut carnitine. Carnitine berperan mengarahkan molekul lemak ke sel-sel jaringan di mana pembakaran lemak terjadi. Kurangnya molekul lemak selama proses metabolisme dapat menyebabkan penurunan energi dan kelelahan. Oleh karena itu, jika kadar carnitine dalam tubuh menurun maka akan terjadi penimbunan lemak.

8. Menguatkan Gigi

Selain mengandung vitamin C buah duku juga mengandung fosfor. Fosfor ini berkhasiat dapat menguatkan gigi. Dengan mengkonsumsi buah ini dijamin gigi Anda akan menjadi kuat dan sehat.

9. Mengendalikan kadar kolesterol
Adanya kandungan vitamin C pada buah duku, sehingga dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu.

10. Menjaga kesehatan kulit
Dengan adanya kandungan vitamin E pada buah duku sehingga bermanfaat penting bagi kesehatan kulit, yaitu

  1. menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit,

  2. mencegah proses penuaan dini,

  3. melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet,

  4. Mempercepat proses penyembuhan luka.


11. Mengusir Nyamuk

Selain buahnya yang kaya manfaat, ternyata kulit buah duku juga mempunyai manfaat sebagai pengusir nyamuk atau serangga. Caranya mudah, yaitu dengan membakar kulit buah duku ketika akan digunakan sebagai pengusir nyamuk atau serangga.

12. Menghilangkan gatal-gatal akibat digigit serangga

Caranya adalah gosokkan kulit buah duku ke area kulit yang gatal. Selain itu, kulit buah duku juga bisa mengatasi jerawat dengan melakukan hal yang sama

13. Mengobati gigitan serangga berbisa gigitan serangga berbisa, malaria, dan obat disentri.

Caranya : Ambil tepung kulit kayu buah duku, yang dimaksud dengan tepung kulit kayu duku adalah sejenis serbuk putih yang biasanya menempel dikulit kayu buah duku.Setelah diambil kemudian oleskan tepung kulit kayu buah duku tersebut kebagian tubuh kita yang tergigit atau tersengat kalajengking.

Nah kira-kira begitulah manfaat duku yang bue temuin dari hasil googling, ada yg bilang 4, 7, 12 dan mungkin sebenernya lebih banyak lagi manfaat duku. Jadi mumpung masih musim ayuk beli duku dan ajak anak-anak buat makan duku bareng seruu, jangan lupa klo anaknya makan dulu di temenin, sampai dia expert makan dukunya, salah salah kegigit bijinya si anak bakalan ogah makan duku karena pahit, padahal pahitnya gara-gara bijinya kegigit.

Klo bue khusus Neng Reva dikasih bagian yang kicik-kicik karena itu no biji (tinggal di terawang), ataupun klo ada bijinya masih aman lah klo ketelen. Untuk mas 2R, sering sering ingetin buat makan ujung2nya atau di rasa2 bag keras jgn di makan. atau klo rajin sih daripada bijinya ketelen bikin keselek makan dukunya sambil bawa gunting, jadi bagian dagiingnya di guntingin buat di kasih ke anak2 ;).

Silvia Rahayu / Tukang Nulisnya

Blogger kambuhan yang menulis di saat kepengen dan ada waktu, masih labil sama konten tapi ttp bertahan sebagai blogger meski tak pernah blogwalking :p.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib