8 tip lancar puasa di bulan Ramadhan

Dokter Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tip lancar jalani puasa secara umum untuk sgla usia:

1. Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi.Pasalnya,dua asupan membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat.  mendatangkan rasa haus meski tak berdehidrasi.

(Done no coffee or tea selama beberapa hari puasa ini, baik waktu buka or sahur)

2. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.
(Hmm... kacang di dalam rendang apa masuk? Klo tempe tahu? Karena tempe tahu terbuat dari kacang :D)

3. Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dimana lewat kurma ini kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.
(Aah musti cepet cepet beli kurma niiih )

4. Mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

(Oke, nanti siang stok pisang lagi)

5.Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, jantungkoroner dan hipertensi.

(Tapi yg namanya gorengan itu suka melemahkan iman, iya g boleh tp tetep suka lirak lirik apa lagi bala bala heuheu. Eh berarti telor goreng juga dong yah? Hmm.. mending bikin makanan2 berkuah aja klo gitu)

6. Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya.

(Hoho hati hati yg doyan bikin or konsumsi sop buah tiap bukaa.. tp klo sahur pasti no sop buah sih yah)

7. Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.
(Oke.. baru saat buka aja konsumsi buah nya, malam ini mari bikin juss)

8. Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.
(Jangan makan es batu yang pasti.. makan nasi aja biar kenyang hehe)

Marhaban yaa ramadhan..... ({})

Sumber : sharing via whatsapp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar