minimalist things

Beberapa kali nemu video tentang minimalist, how to change your kitchen, your home to be minimalist, pas liat sih ooh waah ooh iya siiih .. tapi tetep pas prakteknya/ hehehe teteuuup itu minimalist g kelakonin ini rumah masih aja ada kebanyakan barang, apalagi gudang asa adaaaa aja yang di masukkin ke dalam gudang, beberes ada yg di buang tetep ada yg di keep adeuh lebar, aah ntar bisa kepake, aah sayang klo di buang alhasil masuk gudang lagi dan mendem lagi di sono g kepake -__-".

Dan barusan nemu lagi video di youtube soal minimalist, tepatnya founder dari theminimalists.com yang judulnya a rich life with less stuff, ini videonya

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=GgBpyNsS-jU[/embed]

Eh klo di pikir2 yah inti dari yang di share sama theminimalist ini macam zuhud dalam islam ga sih?
Zuhud adalah salah satu akhlak utama seorang muslim. Terutama saat di hadapannya terbentang lebar kesempatan untuk meraih dunia dengan segala macam perbendaharaannnya. Apakah itu kekuasaan, harta, kedudukan, dan segala fasilitas lainnya.

Dan Rasulullah sendiri memberi panduan gimana sih zuhud itu?
”Jadilah kamu di dunia seperti orang asing atau musafir.”(HR Bukhari).

Rasulullah SAW adalah orang yang paling rajin bekerja dan beramal shalih, paling semangat dalam ibadah, paling gigih dalam berjihad. Tetapi pada saat yang sama Rasulullah SAW tidak mengambil hasil dari semua jerih payahnya di dunia berupa harta dan kenikmatan dunia. Kehidupan Rasulullah saw. sangat sederhana dan bersahaja. Rasulullah lebih mementingkan kebahagiaan hidup di akhirat dan keridhaan Allah swt. g pake Cinta harta, pontang panting nyari uang buat kepentingan duniawi tapi melupakan apa yang utama.

Jadi sebenernya nabi Muhammad udah duluan yah ngajarin buat jadi "minimalist" yang dibilang sama ryan di vc tadi yah, ya dari contohnya buat zuhud itu, apa yang kita cari dalam hidup? (ini bue ngetik bari mikir), kita lupa prioritas utama kita, our life purpose, disibukin sama perkara dunia, nyari uang buat nyukupin kebutuhan yang terkadang mungkin kebutuhan itu samar samar sama keinginan alias cuma kepengen bukan karena asli butuh. Ngejar nyari uang buat beli mobil keren, makan di tempat hi-class padahal cukup makan di wartegpun perut akan terasa kenyang, dan uang yang tadinya buat makan di resto keren bisa di pake buat sedekah ke orang lain aaah si bue ngemeng gampang amat emang udah sering praktek buuu??

Dan kerasa sih klo lagi beres2, ini barang banyak banget di rumah padahal ga semuanya kepake #hiks, maenan anak2, piring yg numpuk padahal penduduk rumah cuma 5 orang, buku2 yang mejeng di rak buku padahal udah lama g dibaca dan klo di kasihin orang kayaknya malah kebaca.

Aah mupeng liatin gaya hidup orang minimalist yang kayaknya enak di liat sederhana padahal lupa junjungan Nabi Muhammad SAW udah duluan ngajarin itu,
”Wahai Rasulullah saw., bagaimana kalau saya ambilkan untukmu kasur?” Maka Rasulullah saw. menjawab, ”Untuk apa dunia itu! Hubungan saya dengan dunia seperti pengendara yang mampir sejenak di bawah pohon, kemudian pergi dan meninggalkannya.” (HR At-Tirmidzi)

hiks sementara saya di sini udah punya lemari baju pressan yang masih kepake eh masih mupeng aja pengen lemari baju yang asli dari kayu .. (pae ngelus ngelus dada selamaaat katanya :)) ), aah dan ini masih ada wish list pengen punya mesin jahit+mesin+obrass+neci padahal di rumah juga udah ada mesin jahit punya nenek, etapi klo ntarnya dipake dan bermanfaat mah gpp kali yah?? hehehe mari susun prioritas aja dulu kali yah, butuh apa pengen.

Daaaan yang bue garis bawahi juga di sini adalah bagian gimana Ryan nicodemus itu ditemenin sama joshua packing all his stuff, trus di klasifikasikan berdasarkan kategorinya, lalu dia cuma buka barang2 yang dia butuhkan aja. Selama 3 minggu ke depan ternyata cuma sedikit yang dia pakai. Dan masih banyak yang terbungkus Rapih setelah 3 minggu dia packing. lalu dia donasikanlah semua barangnya, Dan dia ngerasa lebih bahagia setelah ngasih2in semua sisa sisa barangnya yang ternyata ga dia pake. aah .. can i do it? secara sepertinya banyak barang2 yang better di kasih orang lain daripada di simpen di rumah.

Learn to be a minimalist,
Minimalists don’t focus on having less, less, less; rather, we focus on making room for more: more time, more passion, more experiences, more growth, more contribution, more contentment. More freedom. Clearing the clutter from life’s path helps us make that room.

belajar buat zuhud
Imam Ahmad mengatakan, ”Zuhud ada tiga bentuk. Pertama, meninggalkan sesuatu yang haram, dan ini adalah zuhudnya orang awwam. Kedua, meninggalkan berlebihan terhadap yang halal, ini adalah zuhudnya golong yang khusus. Ketiga, meninggalkan segala sesuatu yang menyibukkannya dari mengingat Allah, dan ini adalah zuhudnya orang-orang arif.”

ah kitu weh lah

eh baideway, jadi bue nyamain minimalist sama zuhud ini bener ga yah?? hahaha sotoy pisan yak :D. how do you think?
bisa kah?? kita liat di blog ini akankkah ada perkembangannya dari bue?? hehehe bismillah
Sumber
1. Dakwatuna

2. The minimalist web

Tidak ada komentar:

Posting Komentar