Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Kamis, 24 Maret 2016

Mbikin kueee bareng 3R

Silvia Rahayu
Udah lama ga bikin bikin kue, pagi kemaren pae rikwes minta dibikinkan kue jahe gula merah, yang namanya itu kue bangket. Ga paham juga seperti apa kuenya secara baru denger namanya :D.

But show must go on tea, demi menyelesaikan tantangan membikinkan pae kue siang kemaren pun mulailah keluarkan mixer dari tempat persembunyiannya a.k.a gudang hehe.

Perdana nih mbikin kue dengan mixer baru karena mixer sebelumnya gugur setelah berjuang selama belasan mungkin bahkan puluhan tahun, mixer phillips punya nenek a.k.a mamahnya bue yg dipake sejak bue masih kicik kicik sampai bue punya anak begini meski akhirnya si mixer tewas mendadak ditangan bue hiks.

Dan seperti biasa 3 bocah seperti lebah yang berterbangan mendengung disekitaran bunga maka 3R pun begitu adanya, mulai dari pertanyaan "ibu mau bikin apa? Ibu bikin kue yah? " lalu bla bla lain sebagainya, mulut bertanya2 dan tangan mulai penasaran bergerilya mulai ngoprekin mixer baru mpe colak colek bahan #rempongTralalaTrilili.

[caption id="" align="aligncenter" width="360" caption="Santan + gula merah + jahe ; adonan"]image[/caption]



Alhamdulillah proses pengadonan cukup berjalan dengan aman kec beberapa kali teriak karena becos anak anak lanang penasaran ngoprak ngoprek mixer, yg bikin bue parno berhubung ada history pecahnya 2 blender dan rusaknya bawahan mixer pd jaman dahulu kala sama 2 bocah lanang ini. Klo anak gadis masih bisa anteng liatin bue ngadon kec setelah sempet bue cicipin bahan setengah jadinya lalu dia ketagihan mulailah teriak "agii.. agii, mau mauu" #lapKeringet.

Bagian pembentukan kue mulailah si 3 bocah diberdayakan, mereka langsung sigap waktu ditanya mau bantuin ibu? Cuci tangaaan.. langsung pada ke kamar mandi, klo neng epa bukan cuma cuci tangan tp sekalian cuci kaki dan cuci cuci yang lain -_-".

Udah beneran join pun bukan berarti bisa tenang karena mulailah episode "sama rehan ajaa...ih mas kok gitu.. kok rehan ga boleh", lalu sisi lain "sama mas rafiq ajaaaaa, mas bisa..bisa".. dan lain sebagainya, entah kenapa 2 cowo ini ceriwis sekali apa karma dari ibunya yg memang cerewet? #pertanyaanGaPenting :p.

[caption id="" align="aligncenter" width="340" caption="3R Mbikin kuee"]image[/caption]



Udah dikasih contoh ya sama bue teh bikin bulet terus dipipihin tapiiiiii.. 3 bocah ini mbikin sakarepe, mereka berasa main playdough jadinya belum lagi ada bagian nge gep raihan asli berasa maen playdoughnya karena ambil adonan dan dibentuk di lantai #buepengsan -_-".

Saat proses pembentukan

Rafiq : " ya ya ya rafiq bisa.. iih rehan mah salah ini kayak maaas bikin"

Hasil : iya bulet tp gede bener dan tebel bener

Raihan : "ooh iya iya gitu ya bu", cuma liat sekilas apa yg dicontohin ibunya lalu bikin

Hasil : dia bikin panjang dan pipih semacam ular melintang tak karuan.

Reva : ga pake basa basi langsung action serius sambil sesekali mengucap "dah dah" (udah udah), dan nyimpen hasil bentukannya ke loyang

Hasil : adonan diambil seuprit seuprit lalu ditumpuk.

#ibuNyerah weslah sakarepe anak anak, biar bapak menikmati kue tak beraturan bentuknya alias ajaib yang penting dibikin pake cinta hehe.

Jadilah kue bangket dengan bentuk ajaib bertaburan hujan wijen (karena yg naburin wijen tak kira kira -_-", pelakunya mas Ehan). Alhamdulillah 1 loyang pertama laris manis langsung dimakanin anak anak, pada doyan dan bilang enak meski ada beberapa note penting

1. Waktu masukin tepung bue kecepetan mustinya nunggu terigu dingin dulu.

2. Waktu bikin adonan santan+gula merah + jahe bue kue kental jd si warna kurang coklat dan lgsg ketebak sama pae rasanya jahenya kurang dan warnana juga. Heuheu pdhl based on foto doang. Tp emang iya sih rasa jahenya kurang berasa banget, tp manisnya sih pas.

3. Dan waktu manggang tunggu sampai kecolatan banget jd kue makin kres kres mpe bagian dalem.

[caption id="" align="aligncenter" width="410" caption="This is it.. kue bangket "]image[/caption]



Alhamdulillah 1 adonan kebikin menjadi 4 loyang dengan bentuk bentuk ajaib dan cuma cukup disimpen dalam 1 tempat lock n lock doang. Next time sepertinya lgsg bikin 2 adonan aja heuheu biar sekalian capeknya :p.

Kesimpulannya : alhamdulillah sukses besssaaar, karena waktu bue bawain buat nenek, dibilang enak tanpa ada kritik dan saran hihi, prestasi waarbyasaaa :)).

Silvia Rahayu / Tukang Nulisnya

Blogger kambuhan yang menulis di saat kepengen dan ada waktu, masih labil sama konten tapi ttp bertahan sebagai blogger meski tak pernah blogwalking :p.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib