Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Rabu, 02 Maret 2016

Pokok-Pokok Pengajaran Pada Anak

Silvia Rahayu
😇 Pokok-Pokok Pengajaran Pada Anak #8
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

Setelah membahas tentang mengajarkan hal yang ma'ruf dan menjauhi yang mungkar, kita akan membahas tentang Pengajaran Akhlak.

8⃣ Pengajaran tentang akhlak

🌹Akhlak merupakan sesuatu yang sifatnya (baik atau buruk) tertanam kuat dalam diri manusia yang darinya lah terlahir perbuatan-perbuatan  dengan mudah dan ringan tanpa berpikir dan direnungkan (Muhammad bin Ali Asy Syariif Al Jurjani)

Lalu, akhlak seperti apa yang perlu diajarkan pada anak kita?
Dalam kitabnya Ihya ululumuddin, Imam Al- Ghazali meringkas metode mendidik akhlak pada anak. Metode tersebut:
🎊1. Mengarahkan dan mengajarkan budi pekerti yang baik dan memeliharanya dari teman-teman yang berakhlak jelek.
🎊2. Tidak menjadikan anak-anak senang bersolek dan senang kepada sesuatu yang glamour, supaya tidak terbiasa bersenang-senang yang akan menyulitkan perkembangannya setelah itu.
🎊3. Jika orang tua melihat anaknya memiliki daya khayal yang tinggi dan cita-cita yang tinggi dalam kehidupan, maka ketahuilah bahwa dia memiliki akal yang cemerlang dan perkembangan akalnya sendiri ini merupakan perkara yang besar. Maka demi kebaikan perkembangannya, dia perlu dibantu dalam pendidikan dan pengajaran
🎊4. Ketahuilah bahwa kejahatan yang pertama kali mempengaruhi seorang anak adalah ketamakan pada makanan, karena itu, seharusnya orang tua mendidik anaknya dalam hal ini, membiasakannya mengambil makanan dengan tangan kanan, dan memulai dengan ucapan basmalah.
🎊5. Membiasakannya memakai pakaian yang sopan dan bersahaja
🎊6. Dalam mendidiknya berpedoman pada prinsip pujian dan hukuman. Namun hukuman tidak diberikan dalam segala perkara melainkan dalam perkara-perkara tertentu. Begitu juga dalam memberikan hukuman sebaiknya tidak dilakukan secara kasar dan terang-terangan agar anak tidak bertambah nakal.
🎊7. Melarangnya tidur siang dan melakukan sesuatu secara sembunyi-sembunyi, karena biasanya seseorang tidak melakukan sesuatu secara sembunyi-sembunyi kecuali sesuatu yang buruk, serta membiasakannya untuk bergerak dan berolahraga
🎊8. Melarangnya agar tidak menyombongkan diri kepada teman-temannya atas apa yang dimilikinya atau dimiliki orang tuanya, dan membiasakannya untuk bersikap tawadu'.
🎊9. Membiasakannya agar senang memberi bukan meminta-minta walaupun miskin.
🎊10. Membiasakannya berperilaku etis di dalam majelis, etis dalam berbicara dan melarangnya untuk banyak omong.
🎊11. Melarangnya untuk bersumpah  baik jujur maupun bohong, dan membiasakannya berbuat sabar dan tahan dalam memikul beban.
🎊12. Membolehkannya bermain setelah belajar supaya dia memiliki semangat dan kecerdasan baru serta tidak merasa berat dalam menangkap ilmu.
🎊13. Menakut-nakutinya agar tidak mencuri, menipu, makan barang haram dan akhlak tercela lainnya.
🎊14. Apabila telah sampai pada umur tamyiz, seyogyanya orang tua tidak mempermudahnya dalam urusan syariat.

🌹Hal penting dalam pengajaran akhlak adalah keteladanan dari orang tua. Penyampaian pengajaran akhlak ini juga bisa melalui shiroh nabi, sahabat, para ulama dan juga bisa melalui cerita berhikmah (tw).

📂Dari berbagai sumber

SUPERMOM's NOTE
edisi #RabuSeruJadiIbu 17 Februari 2016

〰〰〰〰〰〰
Follow us :
💙fanpage FB: supermom wannabe
💚twitter&ig: supermom_w
💜tumblr: supermomwannabee.tumblr.com

Silvia Rahayu / Tukang Nulisnya

Blogger kambuhan yang menulis di saat kepengen dan ada waktu, masih labil sama konten tapi ttp bertahan sebagai blogger meski tak pernah blogwalking :p.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib