Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Selasa, 19 April 2016

3R dan buku

Silvia Rahayu
Sejak punya anak pertama kalii, keinginan bue adalah pengen anak anak bue seneng baca buku, jadilah sejak mas Royyan baru lahir bue udah bacain buku, mulai buku kisah nabi muhammad yg bukunya tebel sampai ke buku bantalnya yang super ringan hehe. G bosen diulang ulang, sampai anaknya lagi mejeng di icu dan berventilator pun masih juga buenya bacain buku dan diulang2 mulu. Senengnya sih karena anaknya jg merhatiin meski waktu itu mas royyan baru 3 bulanan .. heuheu mungkin royyan galau juga bu buu lagi sakit disuruh liatin bola, apel sama kereta muluu :D.

Kebiasaan baca buku juga bue lanjutin pas masanya Rafiq, koleksi buku anak mulai bertambah lagi, mulai dari sepaket buku cerita keluaran mizan yang setiap bukunya terdiri dari 4-5 buku, dan dalam 1 paket itu ada 12 buku. Hehe sama pae sempet di veto buat apaa? Anaknya juga masih kecil alesan bue namanya juga investasi pasti ntar juga di baca :D.

Investasi buku terus bertambah secara bue emang doyan beli buku (meski klo urusan tamat bacanya mah suka dipertanyakan hahaha), tapi yang pasti seiring bertambahnya buku kesukaan anak anak buat baca buku juga bertambah.

Seperti misalnya buku paketan yang pertama kali bue beli waktu jaman Rafiq, sampai skrg udah jamannya Reva mas Rafiq udah hapal isi ceritanya dari tiap buku, ga jarang pas dibacain buku mas Rafiq yg ikutan nyerita. Klo soal kondisi buku ya beberapa buku memang sudah rusak karena keseringan dibaca ulang selain kena sobek Raihan waktu bayi dan skrg sama Reva juga -_-". Meski biasanya klo ada buku yang sobek selalu bue tempel lagi on the spot bareng sama anak anak sambil ceramah soal menjaga buku.

Baca buku juga jadi salah satu aktivitas harian wajib sebelum bobo, biasanya mas Rafiq bakalan minta dibacain buku sampai beberapa cerita malah kadang beberapa buku sampai seringnyaa ibunya yg mau ngelonin malah tidur duluan :)). Dimulai dari Rafiq yg kemudian pas hamil Raihan masih terus dikerjain, Raihan lahir pendengarnya jd bertambah meski baru pas lewat 1 tahun baru Raihan mulai bisa konsen diem pas dengerin cerita. Dan sekrang alhamdulillah Reva juga udah seneng buku, paling suka yg ada kupu2nya, selalu itu yg diambil. Tp klo.dengerin ceritanya belum bisa lama.

Dan sekarang baca buku bisa jadi senjata pamungkasnya bue, karena saking senengnya anak2 baca buku sebelum tidur mereka g mau kehilangan aktivitas itu. Jadi klo misal rumah berantakan sama maenan dan bue pengen mereka rapihin cukup bilang "siapa yang mau baca buku sebelum bobooo? Klo mau rapihin dulu maenannya" hihi and it works. Cuma abis itu biasanya suka ada konflik dikit karena 3 anak bawa 3 buku berbeda dan minta dibacain semua :D.

Klo mereka pengen makan sambil nonton bue tawarin makan sambil dibacain buku yah, maka mereka bakalan matiin tvnya sendiri. Heuheu but still namanya senjata kadang bisa tepat sasaran kadang g ngaruh juga :D.

Jadi klo berdasarkan pengalaman bue, buat bikin anak anak seneng baca itu
1. Kita ortunya musti seneng baca duluan, karena children see children do
2. G pernah ada kata terlalu cepat buat ngenalin anak sama buku, yang penting intens dan sering di temanin untuk bergaul sama buku. Sejak bayi bisa dikasih buku bantal, buku bayi yang tebel tebel.jadi g bisa di sobek. Klopun dikasih buku yg biasa ya gpp asal ditemanin dan sigap saat tangan si anak mau nyobek di stop sambil dibilangin jangan di sobek, bukunya dijaga. Klo akhirnya disobek langsung benerin lagi entah pake solasi atau lem di depan anak. Lama lama mereka bakalan tau.buat g nyobek nyobek buku.
3. Bikin jadwal baca buku setiap harinya, lama lama si anak bakalan ngerasa ada yg kurang klo ada ada baca buku dalam sehari.
4. Bacakan buku semenarik mungkin biar anak anak terkesan dan tertarik.

Silvia Rahayu / Tukang Nulisnya

Blogger kambuhan yang menulis di saat kepengen dan ada waktu, masih labil sama konten tapi ttp bertahan sebagai blogger meski tak pernah blogwalking :p.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib