Menyusui dan menyapih

وَالْوَالِدٰتُ يُرْضِعْنَ اَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ اَرَادَ اَنْ يُّتِمَّ الرَّضَاعَةَ   ؕ  وَعَلَى الْمَوْلُوْدِ لَهٗ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ  ؕ  لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ اِلَّا وُسْعَهَا ۚ  لَا تُضَآرَّ وَالِدَةٌ  ۢ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُوْدٌ لَّهٗ بِوَلَدِهٖ ۙ  وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذٰ لِكَ  ۚ  فَاِنْ اَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِّنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا  ؕ  وَاِنْ اَرَدْتُّمْ اَنْ تَسْتَرْضِعُوْٓا اَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اِذَا سَلَّمْتُمْ مَّآ اٰتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوْفِ  ؕ  وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut. Seseorang tidak dibebani lebih dari kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita karena anaknya dan jangan pula seorang ayah (menderita) karena anaknya. Ahli waris pun (berkewajiban) seperti itu pula. Apabila keduanya ingin menyapih dengan persetujuan dan permusyawaratan antara keduanya, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin menyusukan anakmu kepada orang lain, maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.
[QS. Al-Baqarah: Ayat 233]

====

Allah itu maha baik, tuh di al quran aja disebutin 2 tahun penuh itu buat yg mau menyempurnakan penyusuan. Cukup 2 tahun sajah.

Itu jg klo ibunya g sanggup ya gpp, misal ibu keburu hamil lagi, atau ternyata karena bekerja asi seret dan g bisa full 2 tahun. Janganlah dibikin si ibu jd ibu penuh dosa karena g bisa ngasih ASI anaknya selama 2 tahun karena alasan alasan tertentu yg memang g memungkin ibu buat nyusuin penuh anak hingga 2 tahun. G ada dosanya.. itu Allah yg bilang kok. Asal bukan g mau nyusuin karena males aja ibunya atau alasan2 lain yg banget lah.

Inget ya.. Allah aja bilang


Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan atas anaknya




Lalu siapa anda anda yg doyan bikin ibu2 menderita galau karena si ibu g bisa ASIX sama anaknya, ngasih sufor sm anaknya, g bisa nyusuin selama 2 tahun, brenti menyusui karena hamil lagi.. dan lain sebagainya dan lain sebagainya.

(Edisi gemes sm yg doyan bikin momwar).

Trus mau pake ibu susu atau asip dr yg lain yo ndak apa apa. Asal jelas asal usul dan pembayarannya. Ya jgn sembarangan jg orang lewat di suruh nyusuin.

proses menyapih juga bisa jadi dialog iman pertama sama sang anak, "naak kata Allah nenennya cuma sampai 2 tahun yah", yg nyuruh mpe 2 tahun kan Allah.. betul?

Nah para ayah.. sama Allah jg udah dibilangin loh, coba tolong di provide istrinya dipenuhi kebutuhannya dibikin nyaman saat dia menyusui (malah sejak istri lg dalam.keadaan hamil), jadi jangan berpartisipasi dalam proses pembuatan anaknya aja, tp harus turut berperan aktif saat kehamilan dan menyusui juga apalagi dalam mendidik anak, bikinnya kerja sama gedeinnya jg musti kerja sama doong, betuul??.

#edisiMauNyapihReva

Tidak ada komentar:

Posting Komentar