Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Rabu, 06 April 2016

Peanut butter churros

Silvia Rahayu
[caption id="" align="alignleft" width="350" caption="Peanut butter churros"]image[/caption]



Terakhir abang qq main ke rumah, nagih nagih minta di bikinin churros, tapi berhubung bue lagi bikin kue bangket lagi jadilah rikwesannya abang qq tak terpenuhi.

Besoknya pas siang bingung ngapain, sementara trio kwek2 bue lagi asyik maen bertiga. Ujug mecahin telor 1 dan dikocok, eh mau bikin apa yah? Ya sudahlah mari kita bikin churros sajah hehe.

Resep churros bue ambil dari hasil googling, seperti biasa tiba tiba iseng nambahin sesuatu aaah. Jadilah bue nambahin 2 sendok selai kacang sesaat setelah masukin terigu. Jadinya si bahan adonan g nyampe kalis banget sih, tp begitu di tambahin telor bentuknya mayan pas :D.

Lalu goreng2 deh sebagian disimpen dulu di freezer hoho nyimpennya ribet juga karena lembut pas ditumpukan malahkah nempel, lupa seharusnya ditaburi tepung terigu dulu kali yah biar ga nempel, embuh juga sih tp akhirnya si bue naro mpe beberapa tempat karena g mau di tumpuk si churros yg udah dibentuknya lalu simpen di freezer buat besoknya.

Sebagian langsung digoreng, alhamdulillah mendapat sambutan cukup antusias dari mulut para konsumer kecil bue :D.

Btw apa sih churros? Nah ini bue kutip dari blognya Ricke indriani sang pemilik resep

Churros ini adalah pastry goreng yang terbuat dari adonan choux pastry base seperti kue sus/cream puff. Berasal dari Spanyol tetapi juga terkenal di negara seperti Portugis, Meksiko dan Brazil serta negara lainnya. Sering kali disebut 'Spanish Donut' alias donat Spanyol, mungkin karena pembuatannya digoreng seperti donat. Selain disajikan di cafe-cafe, churros ini juga dijual sebagai street food alias jajanan kaki lima. Biasanya churros disajikan dengan chocolate sauce (churros con chocolate) atau dibalut gula pasir halus (atau gula pasir halus yang diberi kayu manis bubuk/cinnamon sugar). Ada juga sekarang yang dalamnya disuntikkan filling, biasanya ukurannya lebih besar. Chocolate sauce dibuat dari fresh cream/dairy whipping cream cair yang dipanaskan kemudian disiramkan ke dark chocolate yang sudah dicincang, lalu biarkan sampai coklat meleleh dan aduk rata sampai licin. Siap dipakai untuk mencelup churros.



Nah klo bue sih bilangnya cakuenya spanyol hehe :D.

Resepnya beginilah ;).

CHURROS
by Ricke Indriani

Bahan:
250 ml air
50 gram butter/margarin (ini kurang lebih 2 sendok makan muncung)
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
150 gram terigu protein sedang/all purpose flour, ayak
1/4 sdt vanilla
1 butir telur ukuran besar (saya sering pakai 2 butir karena ukuran telur tidak terlalu besar), dikocok lepas
2 sdm peanut butter (eksperimen bue)
Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng churros

Bahan taburan:
4 sdm gula pasir halus (gula kastor)
1/2 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat:

1. Masak air, butter/margarin, gula dan garam hingga mendidih dan butter/margarin meleleh. Matikan api. Masukkan terigu yang sudah diayak dan vanilla. Aduk cepat. Nyalakan kembali api kecil, aduk-aduk hingga adonan licin dan kalis (tidak menempel di panci) pas bagian ini bue tambahkan juga selai kacangnya . Angkat. Biarkan sampai agak hangat.

2. Masukkan telur, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu. Adonan akhir adalah adonan yang lengket tapi tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus. Bila adonan terasa masih agak susah dispuit, tambahkan telurnya (menjadi 2 butir) karena ukuran telur berbeda-beda.

3. Masukkan adonan ke dalam piping bag/kantong segitiga hingga adonan habis. Gunting ujungnya lalu masukkan lagi ke dalam piping bag/kantong segitiga yang sudah diberi spuit bintang ukuran besar.

4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, spuitkan adonan ke dalam minyak goreng sepanjang 10 cm atau sesuai selera. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Atau bisa juga menyemprotkan dulu adonan churros ke atas loyang yang ditabur terigu tipis, lakukan sampai adonan habis. Simpan sebentar di freezer sampai adonan agak mengeras, baru digoreng. Hasilnya lebih cantik. Kali ini saya bikin versi panjang dan bentuk hati.

5. Tunggu sampai agak hangat, baru balut dengan bahan taburan. Sebaiknya jangan saat terlalu panas langsung dibalut karena gulanya akan sedikit meleleh. Atau sajikan dengan chocolate sauce (churros con chocolate).

Alhamdulillah pas dicobain si churros enak bingits, rasa kacangnya keras, taburan kayu manisnya haruum enak. Baiknya di bikin g terlalu tebal jadinya si churros kres kres. Klo terlalu tebal bagian dalem tetep lembut.

Selanjutnya, bue eksperimen ganti selai kacang pake keju :D. Masih sah disebut churros g yah? :D.
Oh iya untuk taburannya eksperimen para konsumer (3R n abang qq), si churros enak juga dimakan bareng keju quick melt, dicelup ke susu kental manis lalu di celup ke meses (ini klo pake bahan original jd si churros g manis ), atau dikasih taburan rasa barbeque or keju panggang.. still delicious hehe.

Silvia Rahayu / Tukang Nulisnya

Blogger kambuhan yang menulis di saat kepengen dan ada waktu, masih labil sama konten tapi ttp bertahan sebagai blogger meski tak pernah blogwalking :p.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib